infosawit

Pemahaman Tentang Gambut Masih Rendah



Ilustrasi lahan gambut
Pemahaman Tentang Gambut Masih Rendah

InfoSAWIT, JAKARTA - Diakui atau tidak tingkat pemahaman tentang lahan gambut di Indonesia masih sangat rendah, ini terjadi lantaran pelajaran tentang lahan gambut tidak ada secara resmi di sekolah-sekolah. Terlebih sampai saat ini masih muncul perdebatan pengelolaan lahan gambut untuk budidaya perkebunan kelapa sawit, termasuk untuk pertanian lainnya.

Dikatakan Lulie Melling, Phd, dari Sarawak Tropical Peat Research Institue mengungkapkan, sebagai tambahan pengetahuan, secara umum karakteristik lahan gambut di Indonesia dengan di Malaysia itu sama. Perbedaan itu akan terlihat jika dibandingan dengan lahan gambut yang ada di benua Eropa. Disini, lahan gambutnya lebih banyak berkayu dan cukup dalam. “Kondisi demikian terjadi akibat di wilayah Asia Tenggara lebih banyak hutan sementara di Benua Eropa, lahan gambut terbentuk dari tumpukan rumput,” tutur Lulie.

Lantas pertanyaannya adalah, apakah kemudian lahan gambut itu bisa dibudidayakan? Jelas melakukan budidaya di lahan gambut tidak membahayakan, dan tidak jadi masalah. Asalkan memang paham dengan cara mengelola tanah, paham dengan ciri-ciri fisik lahan, jika sudah paham maka bisa tahu bagaimana cara mengelolanya.

Begitupun melakukan budidaya di lahan gambut dengan kedalaman lebih dari 3 meter tidak menjadi persoalan. Tidak benar lahan gambut kedalaman lebih 3 meter tidak bisa dibudidayakan. “Hanya saja dengan catatan tinggi muka air bisa dikelola dengan baik,” katanya.

Sejatinya yang terpenting dalam mengelola lahan gambut ialah mesti melakukan pemadatan, cara ini untuk menghindari terjadinya pengeringan lahan. Dengan dilakukan pemadatan maka kelembapan tanah akan meningkat, jika kelembapan tanah tinggi, secara otomatis tanaman sawit bisa tumbuh dengan cepat. “Cara demikian juga bisa menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya kebakaran di lahan gambut,” tandas dia. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT edisi Juni 2016

Https://store.infosawit.com


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit