infosawit

Berikut Tiga Kemitraan Sawit yang Didukung BPDP Kelapa Sawit



Dok. InfoSAWIT
Berikut Tiga Kemitraan Sawit yang Didukung BPDP Kelapa Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Dikatakan Direktur Penyaluran Dana BPDP-KS, Edi Wibowo, program BPDPKS sesuai Perpres 61 Tahun 2015 Jo. Perpres 66 Tahun 2018, diantaranya mendukung pengembangan sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, promosi/kemitraan, peremajaan, sarana dan prasarana, pemenuhan kebutuhan pangan, ilirisasi industri perkebunan kelapa sawi, penyediaan dan pemanfaatan bahan bakar nabati.

Harapannya dengan semua program itu maka bisa meningkatkan kinerja sektor sawit Indonesia, dan Menyerap kelebihan CPO di pasar dalam rangka stabiliasi harga. Hasilnya terjadi penciptaan pasar domestik, sementara bagi petani maka akan ada potensi peningkatakan kesejahteraan.

Lebih lanjut tutur Edi, dalam mendukung kemitraan kelapa sawit pihaknya telah menerapkan tiga prinsip kemitraan strategis, pertama, menyelenggarakan program Kemitraan untuk pemberdayaan Pekebun dalam penanganan dampak Covid-19. Kata Edi, pihaknya telah melakukan seperti produksi Sabun Cair dan Hand Sanitzer mendukung upaya pencegahan Covid-19 di berbagai daerah. Lantas, produksi virgin oil dan produk turunannya sebagai  makanan sehat dan personal care product yang terjangkau oleh masyarakat luas, serta pemanfaatan malam batik  berbasis sawit.

“Pembuatan bahan bakar dari biomasa sawit untuk keperluan sendiri dan desa sekitar (Ketahanan energi tingkat pedesaan), dan pengelolaan lahan sawit untuk  tanaman tumpang sari dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan sendiri dan desa sekitar  (Ketahanan pangan tingkat pedesaan),” kata Edi dalam FGD Sawit Berkelanjutan Vol 9, bertajuk “Peran BPDPKS dalam Memperkuat Kemitraan Pekebun Kelapa Sawit Indonesia,” Kamis, 29 Juli 2021, yang diadakan media InfoSAWIT.

Selanjutnya kedua, Program Kemitraan untuk Pemberdayaan Pekebun terkait  Integrasi dengan Industri Hidrokarbon, dan ketiga kemitraan terkait peremajaan Sawit rakyat dalam kemitraan strategis. “Dimana Prinsip Kemitraan Strategis Model kemitraan dengan dukungan perusahaan mitra, meliputi bibit unggul bersertifikat, teknis budidaya berkelanjutan, jaminan pembelian (off taker), akses pendanaan mudah & kompetitif, kesempatan Pekebun bekerja di Koperasi dan transpatasni,” tutur Edi.

Dengan menerapkan program kemitraan berbasis karakteristik usaha tersebut, kata Edi, secara umum memiliki tujuan diantaranya bisa memberikan jaminan pasar bagi Tandan Buah Segar (TBS) Sawit Pekebun swadaya, memberikan akses petani swadaya untuk memperoleh bibit dan pupuk berkualitas.

Lantas, memberikan bimbingan teknis peningkatan produksi TBS, memberikan bimbingan teknis peningkatan mutu TBS Pekebun swadaya sesuai standar industri kelapa sawit. “Serta memberikan bimbingan teknis pola usaha tani/ berkebun yang baik (Good Agriculture Practices) dan berkelanjutan, dan terdapat peningkatan nilai tambah produk sawit, untuk peningkatan kesejahteraan pekebun,” tandas Edi. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit