infosawit

Fasilitasi Pelatihan, Upaya Perusahaan Sawit BGA Group Tingkatkan Kapasitas UMKM Binaan



Foto dok. BGA Group
Fasilitasi Pelatihan, Upaya Perusahaan Sawit BGA Group Tingkatkan Kapasitas UMKM Binaan

InfoSAWIT, KALBAR – Guna memberikan dukungan pendapatan dari sektor lain bagi masyarakat, perusahaan perkebunan kelapa sawit Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group, melalui salah satu kegiatan pada Program Tanggung Jawab Perusahaan (CSR), lewat pendampingan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan perusahaan.

Salah satu upaya guna meningkatkan kapasitas UMKM binaan tersebut, pada 15-18 Maret 2021 lalu di Hotel Grand Zuri Kabupaten Ketapang, perusahaan melakukan kegiatan penyuluhan keamanan pangan dan pendampingan sertifikasi PIRT. Selama pelatihan penyelenggara pun tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.

Tercatat, kegiatan ini difasilitasi langsung perusahaan untuk pelaku UMKM binaan yang berasal dari desa-desa sekitar unit kebun BGA. Terselenggaranya acara ini merupakan hasil Kerjasama BGA Group dengan Dinas Kesehatan Kab. Ketapang.

Dikataka pihak perusahaan, Kegiatan ini dilakukan sebagai Langkah awal para pelaku UMKM guna mengembangkan jangkauan pemasaran produk yang dihasilkan, selain tentunya produk tersebut dipastikan higienis dan aman dikonsumsi, sehingga menarik pangsa konsumen.

Dalam kegiatan tersebut tercatat ada sebanyak 13 orang UMKM Binaan BGA dalam pendampingan CSR, dengan variasi produk yang diproduksi untuk skala rumah tangga diantaranya produk olahan seperti keripik, dodol, sale pisang, kerupuk, salai ikan, madu, krupuk ikan dan jamur krispi.

Selain itu, BGA Group juga mendampingi para pelaku UMKM terkait akses kemudahan dan insentif yang diberikan pemerintah untuk mendongkrak gairah para pelaku UMKM Indonesia selama pandemi.

Setelah mendapatkan materi keamanan pangan dan sertifikasi PIRT, para peserta penyuluhan telah melalui satu tahapan dari proses sertifikasi produk. “Selanjutnya, pendampingan kepada para binaan dilanjutkan dengan memfasilitasi UMKM Binaan dalam melengkapi syarat untuk mendapatkan sertifikasi PIRT seperti legalitas, kebersihan lokasi, dan bahan baku yang digunakan,” catat pihak perusahaan, dalam keteranga tertulis diterima InfoSAWIT. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit