infosawit

September Ceria, Harga CPO Naik Tinggi Bawa Berkah Untuk Emiten Sawit



September Ceria, Harga CPO Naik Tinggi Bawa Berkah Untuk Emiten Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Dua bulan ini, perkembangan harga minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO) terus menanjak. Berkah bagi sejumlah emiten sawit.

Di lantai bursa, muncul optimisme terkait kinerja emiten sawit di kuartal III. Semisal, PT Pilarmas Investindo Sekuritas, Selasa (14/9/2021), harga CPO naik di tengah tingginya permintaan di pasar internasional. Tak terpengaruh kekhawatiran produksi komoditas ini turun.

Dikutip dari beritasatu.com, permintaan diproyeksikan masih akan terus naik, sehingga harga CPO, masih akan melanjutkan kenaikannya pada September dan bisa menjadi tertinggi pada 2021.

Berdasarkan data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), harga CPO di September 2021 yang rata-rata sebesar Rp12,594 per kilogram (kg) itu, di atas harga rata-rata Agustus 2021 sebesar Rp 12,515 per kg.

Harga jual tertinggi CPO asal Sumatera Utara (Sumut) pada 8 September sebesar Rp12,728 per kg. Berdasarkan data, harga CPO di Sumut semakin bergerak sejak Agustus.

Pada Januari-Juli, harga CPO masih berada di kisaran Rp9.000 hingga Rp11.000 per kg, dan pada Agustus sudah bisa rata-rata Rp12,515. Naik lagi pada September 2021, menjadi Rp12,594 per kg. Jika mengacu pada harga acuan global, Harga CPO diperkirakan akan lebih stabil di level 4,000 RM per ton.

Saat ini, ketatnya produksi di tengah naiknya permintaan menjadi trigger dari naiknya harga CPO tersebut. Dampak pandemi yang berkepanjangan memberikan tekanan pada hasil produksi Malaysia.

Krisis pekerja juga ikut memberikan tekanan pada industri sawit Malaysia. Hal ini seiring dengan pekerja asing yang telah kembali ke negara asalnya dan tidak dapat kembali karena perbatasan ditutup. Industri kelapa sawit Malaysia sangat bergantung pada pekerja asing terutama dari Bangladesh dan Indonesia, atau hampir 80% mendominasi angkatan kerja. (T3)








 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit