infosawit

Jangan Sampai Industri Kelapa Sawit Indonesia Dicap 3D



(Kanan) Direktur PT Cisadane Sawit Raya Tbk., Seman Suhenda
Jangan Sampai Industri Kelapa Sawit Indonesia Dicap 3D

InfoSAWIT, JAKARTA – Pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia masih dianggap baik, bahkan saat ini industri kelapa sawit bisa menjadi salah satu pilihan tempat bekerja bagi generasi muda, lantaran menjanjikan secara finansial kendati membutuhkan tuntutan pola kerja yang cukup berat.

Dikatakan Direktur PT Cisadane Sawit Raya Tbk., Seman Suhenda, dirinya merasa bangga bila ada kalangan pemuda yang masih mau bekerja di perkebunan kelapa sawit, apalagi sampai mempromosikan industri sawit dengan menyajikan fakta yang sesuai lapangan.

“Kebanyakan lulusan mahasiswa atau mahasiswi jenjang perguruan tinggi jaman sekarang bila hendak masuk bekerja di sektor perkebunan pertama yang ditanyakan masalah jaringan internet,” katanya saat menjadi pembicara NGOBRAS (Ngobrol Sawit Bareng Milenial) vol. 4, yang diadakan InfoSAWIT, Selasa (14/9/2021).

Lebih lanjut tutur Seman, memang diakui bahwa bekerja di perkebunan kelapa sawit tidak mudah dan gampang, tetapi secara finasial sangat menjanjikan. Lantas, dengan masih adanya generasi muda yang mau bekerja di kebun sawit bisa menjadi upaya penerus berkembangnya industri ini.

Jangan sampai  kondisinya sama seperti di Malaysia, yang menganggap industri kelapa sawit dengan sebutan “3D” yakni Dirty, Dangerous, Demeaning atau kotor, berbahaya dan merendahkan. “Sebab itu industri kelapa sawit di Malaysia seperti terhenti pengembangannya, dan sulit dalam memperoleh tenaga kerja,” jelas Seman.

Apalagi Indonesia memiliki keunggulan komparatif  dalam mengembangkan sektor sawit ini, seperti berada di jalur khatulistiwa, memiliki iklim yang cocok dengan sawit, alhasil pohon menghasilkan produktivitas tinggi. “Sebab itu kenapa kita harus menolak sawit, semestinya itu menjadi berkah bagi Indonesia yang patut disyukuri,” tandas Seman. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit