infosawit

Tiga Tantangan Perlindungan Pekerja Perempuan di Sawit



Dok. InfoSAWIT
Tiga Tantangan Perlindungan Pekerja Perempuan di Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Berdasarkan data 2020, untuk memproduksi kelapa sawit di perkebunan rakyat, perkebunan negara dan perkebunan swasta terdapat 4,45 Juta pekerja dan 2,68 Juta petani, dengan total pekerja diseluruh rantai pasok kelapa sawit adalah 16,2 Juta pekerja.

Tahun 2019 dan 2020 luas areal PR dan PBS kelapa sawit diperkirakan kembali meningkat dari tahun 2018 dengan laju pertumbuhan sekitar 2,3%. Total luas areal perkebunan kelapa sawit di Pulau Sumatera Tahun 2018 mencapai 8.047.920 hektar di mana 4 (empat) provinsi di Pulau Sumatera termasuk dalam wilayah dengan luas perkebunan kelapa sawit terluas di Indonesia yaitu Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi.

Namun, dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia memunculkan beragam tantangan, utamanya bagi pekerja perempuan. Dari analisa yang dilakukan, terdapat 3 tantangan dan hak yang mesti segera diselesaikan, pertama, mengenai jam kerja, status hubungan kerja, pengupahan jaminan sosial, untuk tantangan ini maka dibutuhkan kebijakan protektif.

Lantas kedua, tantangan terkait hak maternitas, relasi gender, partisipasi kerja, minimnya suara pekerja perempuan yang dilibatkan dalam pengambilan keputusan, sebab itu untuk tantangan ini dibutuhkan kebijakan korektif. Serta ketiga mengenai keselamatan dan kesehatan kerja berbasis gender, untuk tantangan ini perlu dibuat kebijakan non diskriminasi.

Sementara mengenai dukungan Jaminan sosial tidak hanya terikat dengan BPJS kesehatan saja tetapi juga menyangkut perlindungan kesehatan yang diberikan kepada para pekerja perempuan. Bagi perusahaan yang sudah memperoleh sertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dipastikan bakal melakukan perlindungan terhadap pekerja perempuan, namun bagaimana dengan perusahaan lain yang belum memperoleh sertifikat berkelanjutan, temasuk perkebunan kelapa sawit rakyat.

Dr. Tresye Widiastuty Paidi / Direktorat Penanganan Norma Kerja Perempuan dan Anak Ditjen Biwasnaker & K3 Kemnaker RI


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit