infosawit

Ini Saran Cerdas, Beri Insentif Pemegang Sertifikasi Sawit Berkelanjutan



Ini Saran Cerdas, Beri Insentif Pemegang Sertifikasi Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, JAKARTA - Untuk mendorong industri menjalankan prinsip-prinsip keberlanjutan atau suistanable, pemerintah perlu memberikan insentif bagi pelaku industri sawit termasuk petani pemegang sertfiikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Dengan sertifikat tersebut, maka petani atau perusahaan pengolah sawit, telah menerapkan praktik budidaya perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.
Melalui penerapan ISPO, seharusnya tidak ada lagi tudingan-tudingan yang menyatakan bahwa perkebunan kelapa sawit itu merusak lingkungan. Justru sebaliknya, budidaya kelapa sawit sangat bersahabat dengan alam.

Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kemenperin Emil Satria dalam sebuah Webinar Rabu 22/9 lalu mengatakan, saat ini pemerintah selain di hulu, juga sedang menggodoik pemberian sertifikat bagi pegiat industri sawit di hilir. Insentif bagi pemegang ISPO tersebut dapat berupa diskon harga gas industri maupun tunjangan pajak.

Fasilitasi tersebut diprioritaskan untuk industri sawit hilir."Akan kami coba, industri yang mendapatkan ISPO supaya menjadi mitra prioritas dalam layanan-layanan tersebut," katanya.

Emil menambahkan, akselerasi sertifikasi ISPO di sektor sawit hilir atau rantai pasok merupakan respons dari tren konsumen produk turunan crude palm oil (CPO) global yang makin sadar akan isu keberlanjutan. (T3)


 


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit