infosawit

Koperasi Sawit Swadaya KPNT Peroleh Dana Sarpras Rp 3,37 Miliar dan Alat Berat



Koperasi Sawit Swadaya KPNT Peroleh Dana Sarpras Rp 3,37 Miliar dan Alat Berat

InfoSAWIT, MERANGIN – Petani kelapa sawit anggota Koperasi Perkasa Nalo Tantan (KPNT), berlokasi di Desa Sungai Ulak Kecamatan Nalo Tantan Kabupaten Merangin, saat ini bisa tersenyum lebar, selain sedang menimati harga sawit yang terus melonjak juga memperoleh dukungan Program Sarana dan Prasarana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

Tepatnya Rabu (22/9/2021) lalu Koperasi Perkasa Nalo Tantan resmi memperoleh dukungan pendanaan untuk pembangunan infrastruktur dan alat berat. Cerita Manager KPNT Ahmad Fahmi, berawal dari keprihatinan melihat petani sawit diwilayahnya membuat dirinya aktif terjun di perkebunan kelapa sawit dengan membentuk KPNT pada 2017, lantas KPNT juga meraih sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) pada 2019.

Dikatakan Ahmad Fahmi, dirinya ingin petani kelapa sawit tak hanya sekadar menjadi “petani” saja namun ditingkatkan derajatnya menjadi “petani berdasi”, dimana petani tidak sekadar mengurus kebun sawit saja, tetapi juga memiliki wawasan, pengetahuan dan mampu berdaya saing dalam meningkatkan mutu dan kualitas hasil pertanian yang berkesinambungan.

Lebih lanjut kata Ahmad Fahmi, dana sejumlah sebesar Rp 3,37 miliar Dari Badan Pengelola Perkebunan Kepala Sawit (BPDP-KS) itu, akan dipergunakan menigkatkan infrastruktur jalan sehingga transportasi jalan menjadi lebih baik, KPNT juga berhasil mendapatkan bantuan alat berat jenis backhoe loader.

“Kami akan dipergunakan untuk pembangunan jalan usaha tani pada Koperasi Perkasa Nalo Tantan sepanjang lebih dari 10 KM meter disepanjang lahan petani swadaya anggota,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Perwakilan Wilmar Group, Pujo Kurniawan, yang selama ini menjadi mitra KPNT, menyampaikan apresiasi atas kemajuan koperasi tersebut. “Kami berkomitmen mendampingi para petani untuk mampu meningkatkan kualitas hasil pertaniannya,” ujar Pujo.

Sementara Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agus Rizal, juga mengungkap apresiasinya. “Launching bantuan di KPNT ini adalah yang pertama di Indonesia di bidang bantuan pengelolaan pengembangan sarana dan prasarana alat berat. Istilahnya, pecah telor,” tandas Agus Rizal. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit