infosawit

Perjuangkan Petani Sawit, Sekjen SPKS Raih Leadership Award 2021



Perjuangkan Petani Sawit, Sekjen SPKS Raih Leadership Award 2021

InfoSAWIT, JAKARTA - Bertepatan dengan peringatan Hari Tani Nasional pada 24 September 2021, Sekretaris Jendral, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) memperoleh penghargaan sebagai pejuang bagi petani kecil dan sawit keberlanjutan dalam ajang Indonesia Executive Professional Leadership Award Winner 2021, oleh Yayasan Penghargaan Prestasi Indonesia di Hotel The Sultan Jakarta.

Penghargaan ini di raih atas perjuangan dan dedikasinya dalam membawa SPKS sebagai salah satu organisasi petani yang selalu menyuarakan kepentingan petani kecil dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. 

Indonesia adalah salah satu produsen kelapa sawit di Dunia dan petani sawit mengelola 41% dari 16,3 juta Hektare. Sisi pendapatan negarapun sangat besar dari sawit sebesar 300 Triliun rupiah, ironinya masih banyak petani yang miskin dan menghadapi ketidakadilan dalam aspek produksi dan rantai supply sawit.

Melalui kepemimpinan Mansuetus Darto, SPKS terus berkomitmen dalam memajukan petani sawit kecil di Indonesia dan mentransformasikan para petani kecil ini dari corak budidaya tradisional menjadi lebih beradaptasi dengan perubahan-perubahan Global. 

SPKS juga terus mendukung visi pembangunan perkebunan Indonesia melalui penguatan data petani sawit, peningkatan SDM petani sawit, membangun koperasi-koperasi petani kecil di desa-desa sawit Indonesia, serta membangun linkage antara petani dengan internasional market. Disinilah pentinya peran organisasi dalam gerakan transformasi di level petani kecil.

Dalam sambutannya, Mansuetus Darto mengapresiasi atas penghargaan yang di terimanya dan penghargaan ini menjadi hadiah dalam peringatan Hari Tani Nasional 2021 untuk petani anggota SPKS, untuk petani sawit yang melindungi Hutan dan seluruh petani sawit di Indonesia.

Darto juga memberi pesan agar pemerintah, perusahaan untuk bekerja serius melalui kebijakan yang adil dan responsif serta praktik-praktik perusahaan harus berubah dari yang opurtunis konservatif  menjadi baru untuk memajukan petani kecil di Indonesia dan menghormati Lingkungan.

“Bagi kami penghargaan yang di terima akan di jadikan sebagai semangat baru untuk terus melahirkan ide-ide dan kreatifitas dalam memperjuangan Petani Kecil dalam transformasi global saat ini,” tadas Darto dalam keterangan tertulis kepada InfoSAWIT. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit