infosawit

Pulau Malan Katingan Kembangkan Peternakan Sapi Kolaborasi dengan Kelapa Sawit



Pulau Malan Katingan Kembangkan Peternakan Sapi Kolaborasi dengan Kelapa Sawit

InfoSAWIT, kATINGAN - Ini perlu dicoba. Menanam kelapa sawit di kebun, dipadukan dengan beternak sapi. Bisa jadi, hasilnya cukup oke. Menjanjikan cuan bagi petaninya.

Saat ini, integrasi kelapa sawit dengan peternakan sapi mulai dicoba di Kecamatan Pulau Malan, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Dikembangkan, sistem pengembangan peternakan berbasis integrasi sapi dengan kelapa sawit.

Sebagai upaya memaksimalkan pengembangan sistem tersebut diadakan kegiatan pilot project atau percontohan pengembangan ternak sapi berbasis sawit tersebut di Desa Tumbang Tanjung, Selasa (28/9/2021).

Camat Pulau Malan, Paulus H Victor, menuturkan kegiatan pilot project pengembangan ternak sapi berbasis sistem integrasi sapi kelapa sawit di Desa Tunbang Tanjung ini diprakarsai pihak Bappelitbang, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, DPMD Kasongan serta tim ahli dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah. "Sedangkan untuk pesertanya diikuti pihak Bumdes serta peternak sapi yang ada di Desa Tumbang Tanjung," paparnya.

Paulus H Victor melanjutkan, sejauh ini, banyak warga beternak sapi di daerah itu. Selain di Desa Tumbang Tanjung, ada beberapa desa yang melakukan pengembangan ternak sapi ini seperti UPT Buntut Bali dan desa lainnya.
 

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit