infosawit

Lewat Inovasi Dorong Sawit Jadi Solusi



Dok. InfoSAWIT
Lewat Inovasi Dorong Sawit Jadi Solusi

InfoSAWIT, JAKARTA - Dikatakan Civil Engineering Structure Doctoral Candidat Universitat Kassel di Jerman, Yuliarti Erckel, komoditas kelapa sawit bisa menjadi pintu solusi bagi penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS).

Tentu saja kata Yuliarti, guna mencapai tujuan tersebut perlu didukung dengan riset dan pengembangan (R&D) yang mumpuni guna mendukung pengembangan Sains dan teknologi, serta menghasilkan inovasi dalam mendukung pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia.

“Kita butuh inovasi, misalnya saja dengan luasan lahan kelapa sawit yang sama tetapi mampu menghasilkan produksi 2 sampai 3 kali lebih dari sebelumnya, upaya penemuan inovasi bisa juga dengan membuka peluang kerjasama dengan negara maju,” katanya.

Selain pengembangan teknologi dan inovasi, dalam upaya pengembangan perkebunan kelapa sawit bisa didorong untuk bisa menggunakan produk bio dan memenuhi standar sertifikat internasional. “Tentu saja kemudian menerapkan bisnis dengan fair, serta tetap melakukan upaya kerjasama dengan pihak lokal, nasional maupun gobal,” katanya dalam acara Lunch Date #16, Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju, yang dihadiri InfoSAWIT, akhir Februari 2021 lalu.

Cara tersebut, lebih lanjut tutur Yuliarti, guna bisa meyakinkan negara-negara konsumen minyak sawit untuk tidak menolak kelapa sawit. Misalnya saja pada hasil referendum Swiss yang menyepakati Swiss akan menghapus bea masuk atas produk industri minyak sawit Indonesia. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Juli 2021


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit