infosawit

DPRD Kotim Tak Ingin Investasi Pabrik Kelapa Sawit Dihambat



DPRD Kotim Tak Ingin Investasi Pabrik Kelapa Sawit Dihambat

InfoSAWIT, SAMPIT - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur (Kotim),  Paisal Darmasing mengharapkan agar pemerintah daerah mendukung dan memudahkan perizinan untuk investasi pembangunan pabrik kelapa sawit.

Belakangan ini kata dia investor sebenarnya banyak yang ingin mendirikan pabrik namun terganjal kerumitan aturan.

Padahal keberadaan investasi besar itu sangat mendukung untuk ekonomi di kalangan petani kelapa sawit yang ada di daerah ini. “Saya berharap kepada pemerintah daerah untuk mempermudah perizinan dari pembangunan pabrik kelapa sawit di daerah ini," katanya, Senin, 4 Oktober 2021

Karena salah satu tujuannya untuk menghindari monopoli harga di perusahaan penerima tandan buah segar milik masyarakat. Paisal menyebutkan dengan jumlah pabrik yang masih sedikit ini sangat memberikan ruang terjadinya monopoli harga ditingkat petani.

Sejauh ini harga kelapa sawit dengan mudah diatur oleh pihak yang pembeli yang menjadi pengepul langsung kepada petani. “Kalau ada pabrik lain tentunya akan ada persaingan harga di kalangan pabrik penerima sehingga harga petani bisa meningkat dan muara kepada kesejahteraan petani,” tukasnya.

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit