infosawit

Sederet Dukungan BGA Group Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar



Sederet Dukungan BGA Group Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

InfoSAWIT, JAKARTA - Pengembangan perkebunan kelapa sawit diharapkan bisa memiliki dampak positif bagi terdongkraknya perekonomian masyarakat setempat. Dengan menerapkan kemitraan bersama petani di sekitar areal perkebunan kelapa sawit, harapannya bisa berkontribusi pada penurunan angka kemiskinan di Indonesia.

Sampai saati ini, perusahaan telah mempekerjakan lebih dari 30.000 pekerja dengan upah awal minimum 10-20% lebih tinggi dari upah minimum regional, cara ini mendukung keluarga dengan perawatan kesehatan, pendidikan, sembako/keranjang makanan dan paket beras.

Perusahaan juga telah menerapkan skema kemitraan plasma mencakup areal lebih dari 55 ribu hektar, atau setara dengan 29,3% dari areal kebun sawit inti yang telah ditanami. Skim ini pada kenyataannya mampu memberikan pendapatan lebih bagi masyarakat lokal, termasuk kontraktor lokal, pemasok, dan bisnis tambahan lainnya.

Tercatat perusahaan juga mendukung upaya terbentuknya Masyarakat Desa Mandiri. Guna berhasilnya program tersebut, sampai saat ini perusahaan telah menjalin kerjasama dengan 112 desa yang ada disekitar areal konsesi perkebunan kelapa sawit perusahaan. Caranya dengan membangun penilaian dampak sosial dan rencana pengelolaan keanekaragaman hayati yang ada, dengan mempertimbangkan dampak di luar batas izin perusahaan.

Lantas melakukan peningkatan kapasitas masyarakat, melalui beragam program yang dikelola oleh tim Corporate Social Responsibility (CSR), Yayasan Bumitama serta Bumitama Corporate University (BCU). Merujuk informasi dari perusahaan, upaya peningkatan kapasitas masyarakat tersebut berupa pelaksanaan akreditasi “B” untuk sekolah sekitar (Sekolah umum) mencakup 50%  dalam waktu 5 tahun.

Lantas, menerapkan program keterampilan untuk pemuda setempat, dimana pada tahun 2020 lalu telah melatih 132 pemuda, pula menerapkan Program Kegiatan Penghasil Pendapatan (IGA), yang mana program ini bertujuan  membantu petani swadaya memanen & mengangkut TBS ke pabrik dengan biaya lebih rendah. Sementara bagi masyarakat yang tidak berkebun sawit program ini bertujuan memajukan perekonomian masyarakat eksternal & internal, misal. kerajinan lokal, peternakan ayam, pertanian, program lintas sektor Perhutanan Sosial.

Pelibatan masyarakat lokal ini juga bertujuan untuk menyediakan mata pencaharian alternatif bagi kelompok masyarakat melalui peningkatan kapasitas dan pembangunan ekonomi berkelanjutan untuk 64 kelompok. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Juli 2021


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit