infosawit

4 Batik Sawit Nusantara, Ciptadira dan Panca Jagat Untuk Presiden dan Wakil Presiden



4 Batik Sawit Nusantara, Ciptadira dan Panca Jagat Untuk Presiden dan Wakil Presiden

InfoSAWIT, JAKARTA – Sebanyak empat kain Batik Sawit Nusantara yang diberi nama CIPTADIRA dan PANCA JAGAT telah diberikan untuk Bapak Presiden Republik Indonesia dan Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia dengan dua desain berbeda.

Serta dilakukan penyerahan 55 kain Batik Sawit Nusantara untuk para Menteri dan Pejabat Tinggi Negara dengan desain berbeda. Sebelumnya, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bersama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit GAPKI berkolaborasi untuk membuat desain batik yang membawa filosofi mendalam tentang Bumi Pertiwi Indonesia.

Dan dalam pembuatannya, salah satu unsur utama pembuatan batik tersebut adalah Lilin Kelapa Sawit. Yang kemudian dalam pembuatan desain Batik Sawit ini digambarkan sebagai penyelamat bangsa dengan nama Batik Jagat Cipta Indonesia Raya.

Dalam sambutannya dalam konferensi pers secara virtual (18/10) dihadiri InfoSAWIT, Direktur Utama BPDPKS, Eddy Abdurrachman, yang dibacakan oleh Direktur Penghimpunan Dana BPDPKS, Sunari, harapannya dengan penyerahan batik tersebut akan tercipta kesadaran akan banyak manfaat sawit dan dapat membangun citra pemanfaatan produk kelapa sawit.

“Karena itu kami tidak lupa mengapresiasi tim BPPT selaku tim periset dan kelompok pengrajin Batik Gresik Jawa Timur yang sudah menggunakan lilin dari kelapa sawit dalam pembuatan Batik Sawit Nusantara,” catat dia.

Lantas,  Dalam rangka mendukung pemanfaatan produk hilir Sawit dalam Mendukung Industri Kreatif Batik Indonesia, BPDPKS berkolaborasi dengan BPPT dan Balai Besar Kerajinan Batik telah melakukan serangkain kegiatan Sosialisasi dan workshop penggunaan lilin/malam berbahan turunan minyak sawit pada UKM Batik.

Rangkaian kegiatan kemitraan UKM Batik sawit telah dilaksananakan di 5 kota yaitu Yogyakarta, Surabaya (tahun 2019), Cirebon, Solo, Semarang (tahun 2021). Dengan peserta di masing-masing kota sebanyak 40 UKM.

Harapannya dengan malam batik berbasis sawit ini akan semakin meningkatkan permintaan dalam negeri terhadap produk turunan sawit untuk industri kreatif batik dan menggantikan produk malam batik yang berbasis paraffin yang pemenuhan kebutuhannya sebagian masih diperoleh dengan impor. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit