infosawit

India Tergetkan Produksi Minyak Sawit Tiga Kali Lipat



Dok. InfoSAWIT
India Tergetkan Produksi Minyak Sawit Tiga Kali Lipat

InfoSAWIT, NEW DELHI - Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan inisiatif nasional baru untuk produksi minyak sawit pada awal Agustus 2021 lalu, dalam rangka untuk membantu meningkatkan pendapatan pertanian. Skim tersebut bernama National Edible Oil Mission-Oil Palm (NMEO-OP), untuk kemandirian dalam minyak nabati dengan investasi lebih dari 110 milyar Rupee. Merujuk sumber informasi pemerintah, salah satu tujuan utama dari langkah ini adalah untuk mengelola harga minyak nabati domestik yang kerap ditentukan oleh harga impor minyak sawit yang mahal.

Harapannya skim tersebut dapat mendorong produksi minyak sawit untuk mengurangi ketergantungan pada impor dan membantu petani mendapatkan keuntungan besar dari pasar. Dikutip, Indiatoday, pemerintah pusat India berencana meningkatkan produksi minyak sawit dalam negeri tiga kali lipat menjadi 1,1 juta ton pada tahun 2025-26. Ini akan melibatkan peningkatan area budidaya kelapa sawit menjadi 1 juta hektar pada 2025-26 dan 1,67 juta hektar pada 2029-2030.

Penekanan khusus dari skema ini akan berada di negara bagian timur laut India dan Kepulauan Andaman dan Nicobar karena kondisi cuaca yang kondusif di wilayah tersebut. Di bawah skema tersebut, petani kelapa sawit akan diberikan bantuan keuangan dan akan mendapatkan remunerasi dengan formula harga dan kelayakan.

Minyak sawit saat ini merupakan minyak nabati yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Konsumen utama komoditas tersebut adalah India, Cina, dan Uni Eropa (UE). Minyak sawit digunakan secara luas dalam produksi deterjen, plastik, kosmetik, dan biofuel. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Agustus 2021


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit