infosawit

Sekjen Jokowi Center: Bentuk Kementerian Sawit



Dok. InfoSAWIT
Sekjen Jokowi Center: Bentuk Kementerian Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Jokowi Centre, Imanta Ginting mengungkapkan pendapatnya kepada InfoSAWIT mengenai keberadaan isu negatif sawit yang kian marak selama ini. Menurutnya, secara prinsip, tidak boleh menafikan bahwa minyak sawit adalah salah satu penyumbang pendapatan negara terbesar dan banyak masyarakat Indonesia yang bergantung hidupnya pada sawit dan produk turunannya. 

Imanta Ginting juga mengingatkan kepada Pemerintah, untuk bisa hadir sebagai negara negara yang betul-betul konsen terhadap keberlangsungan sektor kelapa sawit dan pengembangan industrinya, baik di hulu dan hilirnya.

"Persoalan utamanya yakni kelapa sawit masih di dominasi oleh korporasi, sementara pihak petani sawit yang luasannya lebih dari 40%, seakan terabaikan," katanya menjelaskan,

Sebab itu kedepan semestinya pemerintah bisa melakukan pembinaan, sekaligus menyediakan dukungan regulasi, sehingga menfaat kelapa sawit bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Sementara, masih adanya berbagai tudingan negatif terhadap minyak sawit hingga saat ini, menurut Imanta Ginting, juga bakal dtangkal dengan jawaban yang sahih secara fakta. Lantaran, menurut dia, bila dikorelasikan dan dampak lingkungan, sebenarnya sawit dapat dijawab melalui perkembangan teknologi dan manajemen pertanian yang kian membaik.

"Harusnya kita bisa lebih optimis dan negara juga harus hadir dalam berbagai persoalan sawit,” katanya, lebih lanjut, "Melihat skala besarnya keterlibatan masyarakat, bila diperlukan dapat membentuk satu kementerian khusus sawit". (T1)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit