infosawit

Supaya Buruh Sawit Layak Lebih Baik, Teruskan Kebijakan Moratorium



Supaya Buruh Sawit Layak Lebih Baik, Teruskan Kebijakan Moratorium

InfoSAWIT, JAKARTA – Diungkapkan, Dianto Arifin, dari SEPASI Kalimantan Tengah, pemerintah perlu memperpanjang masa berlaku dan meningkatkan Inpres moratorium sawit ke dalam bentuk regulasi yang lebih kuat dan mempunyai kekuatan hukum yang mengikat semua pihak.

“Selama masa Inpres sepertinya pemerintah belum melakukan banyak perubahan yang signifikan untuk perbaikan tata kelola perkebunan sawit di Indonesia, khususnya buruh. Terutama buruh perempuan yang mayoritas dalam hubungan kerja rentan yang sampai sekarang belum disentuh oleh perbaikan,” katanya dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut tutur Dianto, pihaknya berharap ada perpanjangan moratorium dan revisi, revisinya adalah isu buruh harus masuk dalam pembicaraan perbaikan tata kelola perkebunan sawit di Indonesia dan perpanjangan itu dibuat dalam bentuk regulasi yang lebih kuat.

Sementara Kepala Departemen Organisasi DPP GSBI, Ismet Sinoni mengatakan,moratorium sawit merupakan momentum penting dalam rangka perbaikan tata kelola perburuhan di perkebunan sawit.

Kata dia, situasi perburuhan di perkebunan sawit masih buruk. Sebab itu meminta supaya moratorium ini diperpanjang, tidak ada pembukaan lahan baru. “Kemudian kepastian kerja, kepastian upah, jaminan kesehatan dan kebebasan berserikat menjadi prioritas dibenahi. Oleh karena itu, kebijakan moratorium mendatang harus memiliki target capaian yang spesifik dan terukur, langkah-langkah mewujudkannya dan membuka ruang kolaborasi dengan serikat buruh,” kata Ismet Inoni. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit