infosawit

Kehidupan Layak Buruh Sawit perlu Dievaluasi lewat Moratorium Sawit



Dok. InfoSAWIT
Kehidupan Layak Buruh Sawit perlu Dievaluasi lewat Moratorium Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Instruksi Presiden (Inpres) No. 8 tahun 2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit telah berakhir pada 19 September 2021. Namun sampai sejauh ini, belum ada pernyataan resmi dari pemerintah terkait statuss kebijakan ini.

Koalisi Buruh Sawit memandang moratorium dan evaluasi perkebunan sawit seharusnya menjadi momentum untuk melakukan perbaikan tata kelola perkebunan sawit di Indonesia khususnya tata kelola perburuhannya.

“Kami melihat moratorium sawit belum menempatkan buruh sebagai aktor penting yang diperhatikan dalam inpres moratorium sawit. Kesejahteraan dan perbaikan kondisi kerja harus menjadi bagian dari evaluasi perkebunan sawit dalam usaha perbaikan tata kelola sawit”, kata, Koordinator Koalisi Buruh Sawit, Zidane, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara, Ketua Umum SERBUNDO, Herwin Nasution menyatakan, kondisi dan jumlah buruh perkebunan sawit seharusnya menjadi acuan pemerintah memposisikan buruh sebagai bagian yang sangat penting di evaluasi.

“Kami melihat sampai sejauh ini, jumlah buruh yang bekerja di perkebunan sawit tanpa kepastian kerja, tanpa kepastian upah dan tanpa kepastian jaminan kesehatan masih massif. Kondisi ini lah yang seharusnya diubah oleh pemerintah melalui perbaikan tata kelola dengan implementasi kebijakan perlindungan buruh perkebunan sawit. Moratorium sawit menjadi momentum pemerintah untuk melakukan evaluasi dan pembenahan,” kata Herwin Nasution.

Koalisi Buruh Sawit memandang bahwa perbaikan tata kelola perkebunan sawit tidak cukup hanya dalam konteks perijinan semata. “Adanya kepastian kerja, kepastian upah, kepastian jaminan sosial dan kesehatan serta kebebasan berserikat mesti dilihat sebagai bagian dari upaya perbaikan tata kelola. Oleh karena itu, aspek perburuhan harus dimandatkan sebagai bagian penting dalam perpanjangan moratorium mendatang”, kata Zidane.  (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit