infosawit

Harga CPO Dirediksi Akan Terus Naik Sampai Akhir Tahun 2021



Harga CPO Dirediksi Akan Terus Naik Sampai Akhir Tahun 2021

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR - Harga minyak sawit mentah (CPO) diperkirakan akan mencapai rata-rata menjadi RM 4,100 per ton (US$ 1.025/ton) pada akhir tahun dari harga spot saat ini yang mencapai RM 5,118 (US$ 1.280/ton) akibat pasokan yang terbatas. 

Analis CGS-CIMB Securities Sdn Bhd Ivy Ng Lee Fang dan Nagulan Ravi mengatakan, penurunan harga CPO bakal bergantung pada pemulihan pasokan minyak bunga matahari, minyak kedelai termasuk dampak dari petani sawit yang meningkatkan penanaman pohon sawit mereka akibat harga yang menarik. 

Kata Ivy Ng dan Ravi, ada kenaikan harga CPO rata-rata sebesar RM 3,700 atau RM 2,900 untuk 2021/22 karena kekurangan pasokan yang berasal dari masalah kekurangan tenaga kerja,” katanya dalam acara POINTER, yang dikutip dari themalaysianreserve.

Sementara Direktur Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOC), Ahmad Parveez Ghulam Kadir mengatakan, ekspektasi penurunan harga CPO bergantung pada pemulihan pasokan minyak bunga matahari, minyak kedelai dan minyak sawit dalam beberapa bulan mendatang. 

Dia mengantisipasi produksi CPO Malaysia yang turun 6% menjadi 18 juta ton pada 2021 dan stok minyak sawit 2021 akan berada pada 1,7 juta ton. 

Ahmad Parveez memperkirakan bahwa harga CPO rata-rata RM 4.131 per ton untuk tahun 2021. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit