infosawit

Usulan Dana Bagi Hasil Sawit Riau Dapat Lampu Hijau Wamenkeu



Dok. InfoSAWIT
Usulan Dana Bagi Hasil Sawit Riau Dapat Lampu Hijau Wamenkeu

InfoSAWIT, PEKANBARU – Dana Bagi Hasil (DBH) dari pajak perkebunan kelapa sawit di Riau menjadi salah satu pembahasan antara akil Menteri Keuangan dengan Gubernur Riau. Kata Wamenkeu, Suahasil Nazara, DBH sawit masih dalam pembahasan dengan DPR.

Lebih lanjut kata Suahasil, Kemenkeu sedang melakukan penghitungan terkait aspirasi dari daerah. Dia juga mengakui saat ini harga sawit sedang fluktuasi meski cenderung naik setahun belakangan ini. “Harga CPO minyak sawit masih berfluktuatif, Ya tentu kita lihat, karena kalau tinggi seakan-akan ini menarik untuk semua orang," ujar Suahasil kepada wartawan, usai rapat dengan Syamsuar di kediaman dinas Gubernur Riau, Senin (1/11/2021) malam.

Rencananya DBH sawit memerlukan payung regulasi khusus untuk bisa sama-sama memperoleh pajak hasil minyak sawit tersebut. Karena itu, dalam waktu dekat Kemenkeu dan DPR RI akan rapat membahas DBH tersebut.

Ujar Suahasil, dirinya tidak ingin ada resiko keuangan yang muncul baik di pusat maupun daerah setelah ada DBH sawit. Sehingga, pihaknya perlu duduk bersama DPR untuk membahas regulasi dan kebijakan tersebut.

"Jangan sampai memberikan resiko-resiko keuangan, baik keuangan pusat dan daerah. Kita diskusi terus, kita dudukkan, datanya dibuka, historisnya bagaimana dan kita lihat naik turun harga seperti apa. Kalau harga seperti ini, kebijakan apa yang paling pas," ucapnya.

Sementara, Gubernur Riau, Syamsuar mengaku telah berjuang terus menerus untuk mendapatkan DBH sawit. Sebab, selama ini dampak lingkungan akibat aktivitas kelapa sawit perlu adanya perbaikan. "Nanti kita akan memperbaiki jalan, jembatan dan juga untuk pemulihan ekonomi masyarakat Riau dari DBH sawit ini," kata Syamsuar. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit