infosawit

Per Oktober 2021 Realisasi Rekomtek Program Peremajaan Sawit Rakyat Baru 7,8%



Per Oktober 2021 Realisasi Rekomtek Program Peremajaan Sawit Rakyat Baru 7,8%

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk informasi, per Oktober 2021 ini capaian Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) Nasional yang sudah Realisasi Rekomendasi teknis  baru 7,8% (14.470 Ha) dari target 2021 seluas 185 ribu ha.

Sedangkan Realisasi Transfer Dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Per Oktober tahun 2021 baru mencapau 28.217 Ha (15,2%). Dikatakan Ketua Apkasindo, Gulat Manurung, program PSR terkendala beragam hambatan.

Namun dirinya optimis bahwa kendala itu akan bisa terselesaikan, apalagi belum lama ini Sinarmas Agribussines Food bekerjasama dengan BRI dan Apkasindo yang melaksanakam gebrakan untuk percepatan PSR melalui Gathering Peremajaan Sawit Rakyat Pola Kemitraan Strategis, yang dilakukan di diadakan di Hotel Bono Pekanbaru (6/11/2021) lalu.

Kata Gulat, konsep kemitraan strategis Sinarmas ini bisa menjadi solusi dan sudah memenuhi kriteria Konsep Kemitraan Setara sebagaimana konsep yang ditawarkan oleh DPP Apkasindo kepada korporasi sawit.

Lebih lanjut tutur Gulat, khusus kebun sawit di Riau seluas 4,072 juta ha, sekitar 68% nya adalah dikelola oleh petani.  Sebab itu, kemitraan setara dengan korporasi adalah solusi jitu untuk percepatan PSR dan peningkatan produktivitas.

“Saya berharap, korporasi sawit lainnya di 22 DPW Provinsi Perwakilan APKSINDO bisa mengikuti jejak Sinarmas ini tentu dengan kreasi masing-masing,” tandas Gulat. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit