infosawit

22 KUD Ikut Gathering Peremajaan Sawit Rakyat Lewat Kemitraan Strategis



22 KUD Ikut Gathering Peremajaan Sawit Rakyat Lewat Kemitraan Strategis

InfoSAWIT, PEKANBARU - Sinarmas Agribussines Food bekerjasama dengan BRI dan APKASINDO yang melaksanakam gebrakan untuk percepatan PSR melalui Gathering Peremajaan Sawit Rakyat Pola Kemitraan Strategis, setelah sebelumnya di laksanakan di Kalimantan Selatan dengan salah satu Plasma nya yaitu KUD Gajahmada Mitra Binaan APKASINDO seluas 7,2 ribu ha.

Pada Gathering PSR di Riau kali ini, menghadirkan 22 KUD, dengan rincian 18 KUD Plasma dan 4 Koperasi Swadaya Mitra Strategis Sinarmas terkhusus dari Kabupaten Kampar dan sekitarnya dengan luas total sekitar 18 ribu ha, diadakan di Hotel Bono Pekanbaru (6/11/2021) lalu.

Plasma Controler Perkebunan Sinarmas Group Wilayah Riau, HY Sihotang mengungkapkan, Sinarmas telah menjadikan konsep Mitra Strategis untuk Plasma-Plasma yang dibawah naungan Sinarmas (Plasma SM). Ini menandakan komitmen yang tinggi dari Sinarmas sebagaimana diamanahkan oleh PP-UUCK tentang Kemitraan Plasma.

Sihotang juga menjelaskan bahwa Sinarmas juga merangkul Petani Swadaya untuk bermitra, jadi tidak tertutup hanya kepada  Plasma yang sudah ada, tapi masyarakat petani disekitar unit usaha perkebunan Sinarmas juga kita rangkul supaya bermitra dengan Sinarmas.

“Ya hari ini Petani Swadaya hadir dalam bentuk 4 Koperasi Swadaya yang menggabungkan diri menjadi bagian Kemitraan Strategis dari Sinarmas,” katanya dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Vice President BRI Wilayah Riau, Marfis Antonius berharap kerjasama ini semakin dikembangkan dalam berbagai pola kerjasama. “Teruntuk APKASINDO, kami menginginkan jalinan komunikasi terkhusus kepada Petani Sawit Anggota APKASINDO yang ingin melaksanakan PSR supaya menjadikan BRI sebagai Bank Mitra, apalagi BRI sudah hadir di 12 Kab Kota di Riau,” kata Marfis.

Sementara Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat Manurung mengungkapkan, kerjasama ini telah mampu merangkul 4 Koperasi Petani Swadaya menjadi mitra strategis. “Serta 1 lagi KUD Swadaya sedang dalam proses kesepakatan,”katanya. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit