infosawit

Gegara Banjir, 20 Perwakilan Pelaku Usaha Sawit di Kalbar Kena Usir Gubernur



Gegara Banjir, 20 Perwakilan Pelaku Usaha Sawit di Kalbar Kena Usir Gubernur

InfoSAWIT, JAKARTA – Sekitar dua pekan lalu, beberapa wilayah di Kalimantan Barat mengalami banjir akibat masuknya musim penghujan. Sebab itu Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji berinisiatif guna menggalang solusi dari para pelaku usaha perkebunan kelapa sawit di Kalbar dalam penanganan banjir.

Sayangnya dalam pertemuan yang digelar di kantor Gubernur dan dihadiri sekitar 20 perwaklan dari perusahaan perkebunan kelapa sawit tak membuahkan solusi. Kondisi demikian membuat Sutarmidji, kecewa.

Kata dia, pada akhirnya mengusir 20 pewakilan pengusaha perkebunan kelapa sawit, menyusul perwakilan pengusaha-pengusaha tersebut tidak bisa memberikan keputusan mengenai penangan banjir yang ada di Kalbar.

“Kemarin kumpul dengan asosiasi perkebunan sawit, alasannya banyak amat, bilang saja tidak mau bantu banjir. Ada 20 pengusaha sawit. Jadi di pertemuan itu tidak ada keputusan, jadi saya usir dari kantor gubernur,” kata Sutarmidji kepada wartawan, Selasa lalu, seperti dikutip Kompas.

Lebih lanjut kata Sutarmidji, para perwakilan yang diutus di dalam pertemuan itu hanya disuruh bicara tapi tidak bisa membuat keputusan. “Mereka kira, pemerintah daerah ini bisa dibuatnya main-main. Saya usir semua,” ucap Sutarmidji.

Akibat kejadian tersebut, Sutarmidji memastikan, tidak mau lagi berhubungan dengan pihak-pihak perkebunan kelapa sawit. Karena, menurut dia, perkebunan kelapa sawit adalah salah satu penyebab seringnya terjadi banjir di Kalbar.

Sebelumnya, dalam penangan banjir, justru petani kelapa sawit yang tergabung dalam anggota Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI) menggalang donasi untuk korban banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Dana yang terkumpul untuk membantu korban bencana banjir di Kabupaten Sintang mencapai Rp 10 juta rupiah, dan digunakan untuk membeli sejumlah kebutuhan pokok, terutama keperluan wanita dan anak, di antaranya popok, susu formula, dan beras.

Donasi FORTASBI Peduli ini didistribusikan langsung oleh anggota FORTASBI dari Koperasi Rimba Harapan, Kalimantan Barat, Suratno Warsito, dan diserahkan kepada Koordinator Relawan Indonesia Sintang di Posko Dinsos depan Rumah Sakit Pratama, Sintang, pada Selasa, 9 November 2021 lalu.

Sebelumnya, banjir terjadi sejak sekitar dua pekan lalu, berdampak pada lebih dari 20.000 kepala keluarga (KK), merendam permukiman warga dan fasilitas umum. Catat Fortasbi, Ini merupakan kali ketiga, FORTASBI memberikan donasi kepada korban bencana. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit