infosawit

Petani Sawit Kolombia pun Terapkan Praktik Berkelanjutan Disebut Sustainability Index



Ilustrasi Kebun Sawit
Petani Sawit Kolombia pun Terapkan Praktik Berkelanjutan Disebut Sustainability Index

InfoSAWIT, JAKARTA - Dewan Negara-Negara  Produsen  Minyak Kelapa Sawit/Council  of  Palm  Oil Producing  Countries  (CPOPC) melaksanakan  program kedua untuk  petani-petani  kecil  kelapa   sawit  berjudul   Smallholders   Outreach Program (SOP), sebuah  program yang  bertujuan  menjadi jaringan komunikasi antar petani-petani  kecil di negara negara penghasil dan pembudidaya kelapa sawit di tiga wilayah (Asia Pasifik, Central Amerika dan Afrika ) untuk membantu menyumbang pencapaian  target keberlanjutan (SDG) sekitar tahun 2030. 

Pada kesempatan tersebut, Alcibiades  Hinestroza bersama dengan  Dr. Alexandre Patric Cooman  dari CENIPALMA di Kolombia juga menyampaikan  beberapa kisah sukses  dalam praktik terbaik yang biasa diterapkan oleh petani kecil Kolombia.

Salah satu hal yang disampaikan  oleh CENIPALMA  adalah  sebuah   alat  bernama Index  Keberlanjutan (Sustainability Index)  dimana sebuah  baseline dibentuk untuk membantu penerapan praktik baik di bidang pertanian,  mengidentifikasi  titik kritis dan mengurangi  risiko hingga mencapai  tingkat keberlanjutan.

Sementara Direktur Eksekutif CPOPC, Tan Sri Datuk Dr. Yusof Basiron, mengatakan, petani kecil adalah tulang punggung dari rantai pasokan kelapa sawit karena tanpa mereka, rantai pasok dan dinamika ekonomi dari seluruh dunia akan terpengaruh.

Sebab itu kata dia, CPOPC memainkan peran  yang  penting  dalam  memperbaiki   kapasitas   petani  kecil  dari  banyaknya negara   penghasil  dan  pembudidaya   kelapa  sawit  serta   meneruskan  komitmen tersebut. “Tahun depan CPOPC akan membangun forum untuk petani kecil dari seluruh dunia yang akan melibatkan sebanyak mungkin pemangku kepentingan  kelapa sawit,” katanya dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit