infosawit

2 Perusahaan Sawit Dilporkan Ke KPPU Dianggap Tak Komit Bangun Plasma



Dok. InfoSAWIT
2 Perusahaan Sawit Dilporkan Ke KPPU Dianggap Tak Komit Bangun Plasma

InfoSAWIT, ACEH SINGKIL - Dua perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Singkil, yakni  PT AK dan PT RPP, dilaporkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah I Sumatera Utara, oleh Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin.

Melalui keterangan tertulis, Jumat (12/11/2021) pelaporan tersebut dilakukan lantaran perusahaan dimaksud dinilai tak komitmen membangun kebun plasma.

Menurut Safaruddin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil telah menyurati perusahaan perkebunan di daerah itu guna melaksanakan kewajiban membangun kebun plasma, sesuai peraturan perundang-undangan.

Lantas, kata dia, ditindak lanjuti dengan membuat suatu pertemuan di Sumatera Utara antara Pemerintah Kabupaten, DPRK Aceh Singkil dengan 15 perusahaan perkebunan yang ada di Aceh Singkil, yang juga di hadiri oleh Kepala Perwakilan YARA Aceh Singkil, Kaya Alim.

Dalam pertemuan sebutnya, disepakati seluruh perusahaan perkebunan kelapa sawit akan melaksanakan kewajibannya membangun 20 persen kebun plasma dari total areal HGU-nya.

“Komitmen tersebut dituangkan dalam suatu kesepakatan yang ditandatangani bersama,” tutur Safarudin, seperti dikutip Serambinews.

Sayangnya, dari seluruh perusaahaan perkebunan di Aceh Singkil, ada dua perusahaan yang belum menandatangani kesepakatan tersebut, atas alasan itulah Yara melaporkannya ke KPPU Kantor Wilayah I Sumatera Utara.

Langkah ini dianggap telah sesuai dengan Peraturan pemerintah Nomor 17/2013, KPPU memiliki kewenangan untuk mengawasi dan menegakkan hukum atas pelaksanaan kemitraan antar pelaku usaha besar dengan UMKM. "Kami melaporkan dua perusahaan perkebunan tersebut ke KPPU agar dapat diawasi dan ditegakkan hukum sesuai dengan kewenangan yang di miliki oleh KPPU," tandas Safaruddin. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit