infosawit

Harga Minyak Sawit (CPO) Sedang Mengalami Siklus Tahunan



Dok. InfoSAWIT
Harga Minyak Sawit (CPO) Sedang Mengalami Siklus Tahunan

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR - Diungkapkan kepala eksekutif grup Kuala Lumpur Kepong Bhd (KLK) Tan Sri Lee Oi Hian mengatakan harga minyak sawit global (CPO) masih bersifat siklus dan tergantung pada perubahan iklim. Kata dia, pada awal tahun harga CPO global hanya mencapai RM 2.000/ton, namun saat ini telah mencapai RM 4.000/ton sampai RM 5.000/ton.

Siklus iklim dan bisnis menjadi kata kunci dari industri kelapa sawit di dunia, turut Tan Sri Lee, namun demikian yang terbaik dari kelapa sawit adalah memiliki tingkat produktivitas yang tinggi dibanding dengan minyak nabati lainnya. “Minyak sawit telah memenuhi 40% pangsa pasar minyak nabati di dunia,” katanya seperti dikutip theedgemarkets.

Tetapi lembaga swadaya masyarakat dan para penggiat lingkungan kerap menggambarkan kelapa sawit sebagai komoditas yang negative, dan itu dianggap tidak adil. Lebih lanjut tutur Tan Sri Lee, Indonesia memiliki kebijakan biodiesel yang akan membantu menstabilkan harga CPO.

Di sisi lain, ia mencatat bahwa perluasan lahan hijau sangat sulit bagi sektor perkebunan di dalam negeri karena sektor tersebut harus memenuhi persyaratan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

“Saya kira sektor perkebunan lebih bertumpu pada lahan dan pertumbuhan produktivitas. Jalan kita (KLK) masih panjang, mungkin pertumbuhan produktivitas 20% hingga 25%—itulah jalan yang harus ditempuh,” katanya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit