infosawit

Minyak Sawit Berkelanjutan, Sumber Pangan Sehat Bagi Masyarakat



Dok. InfoSAWIT
Minyak Sawit Berkelanjutan, Sumber Pangan Sehat Bagi Masyarakat

InfoSAWIT, JAKARTA - Faktanya membangun ekosistem minyak sawit berkelanjutan tidak bisa dilakukan tunggal pada sektor hulu perkebunan kelapa sawit, tetapi juga perlu didukung oleh seluruh rantai pasok dalam industri tersebut hingga sektor ritel. Harapannya, upaya mendorong misi minyak sawit berkelanjutan sebagai norma bisa menunjukkan hasil.

Diungkapkan Head of Corporate Affairs & Sustainability PT Lion Super Indo (Superindo), Yuvlinda Susanta, dalam masa pandemi ini akses pangan menjadi sangat penting, utamanya ketersediaan pangan yang sehat dan lebih baik.

Maka itu jaringan ritel Super Indo dalam strategi 2025, sepakat untuk menyediakan pangan yang sehat (healthy) dan berkelanjutan (sustainable). Caranya, yang pertama, menginspirasi pembeli untuk memilih produk yang lebih sehat, kedua meningkatkan ketelusuran produk-produk segar dan ketiga mengeliminasi limbah.

Terkait dukungan terhadap minyak sawit berkelanjutan, tutur Yuvlinda, Super Indo saat ini sedang mempersiapkan ketersediaan minyak goreng sawit yang ekolabel di gerainya. Super Indo sejak beberapa tahun lalu juga terus mendukung praktik minyak sawit berkelanjutan dengan membeli RSPO Credit yang ditujukan bagi pemberdayaan petani kelapa sawit.

“Itu adalah itikad baik perusahaan dalam mendukung minyak sawit berkelanjutan, sekaligus membantu para petani kelapa sawit kecil menjalankan praktik perkebunan lestari” katanya.

Hanya saja untuk pasar di Indonesia, penggunaan bahan baku minyak sawit berkelanjutan untuk produk konsumsi masih dalam proses. Lantaran, masih memperhitungkan tingkat permintaan konsumen dan keekonomian harga produk.

“Kami masih terus mengamati tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk berbahan baku minyak sawit berkelanjutan, termasuk menghitung keekonomian produk tersebut sehingga layak bagi konsumen, dengan mengarah tetap untuk bisa menyediakan produk bersertifikat ekolabel,” tandas dia. (T2)

Sumber:  Majalah InfoSAWIT Edisi Oktober 2020


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit