infosawit

Harga CPO Berpotensi Naik, Analis Rekomendasikan Beli Saham Emiten Sawit



Dok. InfoSAWIT
Harga CPO Berpotensi Naik, Analis Rekomendasikan Beli Saham Emiten Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA – Adanya potensi meningkatnya harga CPO (minyak sawit mentah ) global, mendorong sejumlah analis merekomendasikan beli saham emiten minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO). Beberapa saham emiten sawit atau CPO berpotensi naik lantaran adanya kenaikan harga CPO global. Saham yang sering direkomendasikan analis antara lain saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG), PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) dan PT PP London Sumatera Tbk (LSIP).

Dikutip Kontan, analis Mirae Asset Sekuritas Juan Oktavianus saat ini juga memberi rating overweight untuk emiten sektor perkebunan di Indonesia. Ia meyakini, prospek CPO masih akan menarik pada sisa tahun ini seiring produksi di Malaysia yang masih cenderung rendah.

Belum lagi, permintaan dari India masih akan mengalami kenaikan seiring bea pajak di sana diturunkan. Pada tahun ini, Juan memproyeksikan average selling price (ASP) CPO akan berada di level RM 4.372 per ton. Sementara untuk tahun depan diproyeksikan akan sebesar RM 4.100 per ton.

Sebab itu, Juan lebih rekomendasi saham PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) ketimbang PT PP Londum Sumatera Tbk (LSIP) untuk saat ini. AALI memiliki area penanaman yang lebih luas, yakni 289.000 dibanding milik LSIP yang hanya 96.000. Selain itu, dari FFB yield, AALI juga lebih tinggi, yakni 8,8x berbanding 7,2x, serta punya usia rata-ratan tanaman yang lebih produktif, yakni 15,5 tahun berbanding 16,9 tahun.

Sementara analisa Jasa Utama Capital Sekuritas, Cheryl Tanuwijaya, menjadikan saham LSIP sebagai rekomendasi top pick untuk emiten sektor perkebunan. Menurut dia, LSIP tengah mempersiapkan pertumbuhan produksi sawit 5% lebih tinggi dari tahun lalu. Pihak manajemen LSIP juga telah melakukan beberapa upaya seperti replanting, membuka lahan baru, dan pengoperasian pabrik sawit baru.

Lebih lanjut kata dia, secara valuasi saham, LSIP masih di bawah rata-rata PE-nya dalam 3 tahun terakhir. “Hal ini membuat LSIP secara valuasi, masih murah sahamnya dan punya prospek yang menarik ke depan,” tandas dia. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit