infosawit

Musim Mas Berikan ToT Ke PPL dan Petani, Wali Kota: Transformasi GAP Sawit Subulussalam



Dok. InfoSAWIT
Musim Mas Berikan ToT Ke PPL dan Petani, Wali Kota: Transformasi GAP Sawit Subulussalam

InfoSAWIT, SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam Aceh, Affan Alfian Bintang menyambut baik hadirnya perusahaan industri kelapa sawit Musim Mas di Kota Subulussalam.

Hadirnya Musim Mas ke daerah yang berslogan Sada Kata itu adalah dalam rangka mengadakan kegiatan pelatihan kepada petugas penyuluh pertanian terpadu.

Melalui kegiatan training of trainer (ToT), Musim Mas akan memberikan pengetahuan kepada penyuluh tentang bagaimana tata cara budi daya kelapa sawit secara baik dan tepat dalam mewujudkan sustainable palm oil di Kota Subulussalam.

Wali Kota Subulussalam, Affan Alfian Bintang menyatakan, kelapa sawit merupakan komoditas unggulan, dan sekaligus sebagai penopang perekonomian sebagian besar masyarakat di daerahnya.

Di mana luas areal kebun sawit di Kota Subulussalam mencapai 30.813 hektar, dan dari total luasan tersebut, yaitu sekitar 62 persen merupakan kebun sawit milik masyarakat.

"Artinya ada sekitar 19.000 hektar kebun miliknya masyarakat atau petani," kata Affan dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan pelatihan di aula Bappeda, kemarin, Selasa (16/11/2021).

Menurut Wali Kota yang akrab dengan sapaan Bintang ini bahwa berdasarkan pengamatan di lapangan, kondisi sawit masyarakat di Kota Subulussalam menghasilkan tandan buah segar (TBS) dalam setiap bulan berkisar 400-800 kilo gram per hektar atau masih di bawah rata-rata produksi kilo gram per hektar yang seharusnya.

Kecilnya produksi ini disebabkan banyak faktor salah satunya adalah pemahaman dan tata cara budidaya petani sawit yang masih perlu ditingkatkan. Sehingga tidak maksimal dalam mengelola kebunnya.

Maka dalam situasi tersebut, Bintang berpandangan bahwa perlu uluran tangan dari para pihak, khususnya pihak yang lebih berkompenten, yakni Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), sehingga terlaksanalah kegiatan ToT yang diadakan selama delapan hari (16-23 November 2021).

Di mana, diyakini keberadaan PPL yang mempunyai pengetahuan Good Agricultural Practices (GAP) atau budi daya perkebunan yang baik dan tepat di bidang perkebunan kelapa sawit mutlak adanya. PPL yang mempunyai pengetahuan GAP diharapkan bisa menjalankan pendampingan kepada petani kelapa sawit, sebab, saat ini PPL perkebunan kelapa sawit yang mempunyai pengetahuan tentang GAP sangat terbatas sementara jumlah petani kebun sawit cukup banyak.

"Situasi ini menjadi tantangan tersendiri untuk Pemko Subulussalam maupun para pihak yang bekerja di Kota Subulussalam khususnya di bidang kelapa sawit, untuk menyikapai situasi seperti ini perlu adanya sebuah upaya untuk membantu para PPL supaya mampu berkontribusi dalam mengelola kebun kelapa sawit rakyat yang berkelanjutan khususnya tentang GAP atau tata cara budidaya perkebunan kelapa sawit," ungkapnya.

Berkaitan dengan hal itu, maka pemerintah daerah dituntut untuk berperan aktif agar keluar dari situasi tersebut dengan menjalin kerja sama dengan Earthworm Foundation dan Musim Mas mengadakan sebuah kegiatan ToT budi daya kelapa sawit yang baik dan tepat serta berkelanjutan.

"Selain itu bahwa kegiatan ini juga adalah dalam rangka menciptakan bisnis kelapa sawit yang berkelanjutan, sehingga produk kelapa sawit di Kota Subulussalam mampu bersaing di pasar nasional maupun global," ujarnya.

Lebih lanjut, Bintang berharap, dengan adanya pelatihan terpadu tersebut para PPL dan petani dapat melakukan tranformasi tentang GAP atau tata cara budi daya kebun sawit yang baik dan tepat kepada kelompok atau petani untuk meningkatkan produksi kebun sawit yang terkelola.

"Sebagai penutup, sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih kepada mitra pembangunan Kota Subulussalam yaitu Earthworm Foundation dan Musim Mas yang telah memfasilitasi dan mendukung penuh acara pelatihan ini," ungkap Bintang menutup sambutannya. (T3)

*Laporan Nukman Suryadi Angkat


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit