infosawit

GAPKI Gelar Acara IPOC 2021, Ketika Sawit Kena Pajak 30%



Dok. InfoSAWIT
GAPKI Gelar Acara IPOC 2021, Ketika Sawit Kena Pajak 30%

InfoSAWIT, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) kembali menggelar acara tahunan IPOC 2021 yang dilakukan secara virtual. Pagelaran acara IPOC 2021 kali ini rencananya akan dibuka Presiden Jokowi dilanjutkan Keynote Speech Menko Perekononian, Airlangga Hartarto.

Menurut Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, keberadaan bisnis minyak sawit terus mengalami kenaikan harga jual CPO. Menurutnya, prospek bisnis tahun depan juga bisa diketahui saat mengikuti acara IPOC 2021 nantinya.

"Acara tahunan IPOC ini akan menarik bagi banyak orang yang menggeluti bisnis minyak sawit, " ujarnya dalam jumpa pers yang dihadiri InfoSAWIT, Rabu (17/11/2021).

Selanjutnya kegiatan IPOC 2021 yang masih dikomando Mona Surya ini, merupakan kegiatan tahunan GAPKI yang semakin menarik untuk diikuti. Pasalnya, keberadaan bisnis minyak sawit seringkali memiliki banyak kemajuan setiap tahunnya terutama prediksi harga di tahun mendatang.

"Jika melihat tren harga jual CPO yang masih mengalami kenaikan hingga akhir tahun, tentu menjadi menarik bila mengikuti IPOC 2021, sehingga mendapatkan informasi akurat mengenai prediksi harga CPO di tahun mendatang, " tutur Mona menjelaskan.

Sebagai informasi, kenaikan harga jual CPO di pasar global, juga turut mengerek Bea Keluar (BK) CPO dan pungutan Ekspor (PE). Pada periode November 2021 ini, harga jual CPO berdasarkan Permendag menetapkan HPE sebesar US$ 1.283,38/Ton. Merujuk Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang berlaku, maka total beban Pajak dan pungutan sebesar US$ 375/Ton.

Besarnya beban yang ditanggung produk minyak sawit mentah (CPO) ini, mencapai 30% dari HPE yang ditetapkan pemerintah.

Menanggapi hal ini, Ketum GAPKI, Joko Supriyono mengungkap kesepakatan bersama yang telah disepakati pelaku bisnis minyak sawit, untuk melaksanakan kebijakan pemerintah ini. Menurutnya, besaran pajak dan pungutan ekspor sangat tergantung dari fluktuasi harga jual CPO. Dan sudah dibicarakan dan disepakati oleh para pelaku sebelumnya.

GAPKI juga mendukung hilirisasi industri minyak sawit di dalam negeri sehingga memiliki kekuatan pasar domestik yang berasal dari industri biodiesel.

Besaran pajak dan pungutan ekspor sudah dibicarakan dan disepakati para pelaku bersama pemerintah sebelumnya," tandas Joko. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit