infosawit

Kejaksaan Barito Utara Endus Korupsi Proyek Peremajaan Sawit Rakyat, 40 Warga Diperiksa



ilustrasi replanting sawit
Kejaksaan Barito Utara Endus Korupsi Proyek Peremajaan Sawit Rakyat, 40 Warga Diperiksa

InfoSAWIT, MUARA TEWEH - Belum lama ini Kejaksaan Negeri Barito Utara, Kalimantan Tengah, melakukan penyeldidikan terhadap proyek replanting atau peremajaan sawit tahap I tahun 2019-2021. Bahkan sebelumnya Pihak Kejaksaan setempat pun, turun ke lapangan, Kamis (18/11/2021) yang dipimpin Kepala Kejaksaan Negri Barito Utara, Iwan Catur Karyawan.

Langkah ini dilakukan dalam rangka melakukan pemeriksaan terhadap 40 petani sawit. Kesemuanya warga Desa Pandran Permai, Kecamatan Teweh Selatan. Mereka merupakan anggota koperasi yang mendapat proyek peremajaan sawit rakyat.

“Iya pak benar kami menyediakan ruangan kantor desa untuk pihak kejaksaan melakukan pemeriksaan terhadap warga kami terkait proyek Relpanting sawit,” ujar Kepala Desa Pandran Permai, Roni, Kamis (18/11/2021) dilansir 1tulah.com.

Pemeriksaan terhadap puluhan warga tersebut berlangsung sejak pukul 10.00 Wib sampai pukul 16.00 WIB, dimana sebanyak 40 an warga diperiksa dibawa ke Muara Teweh oleh pihak Kejaksan.

Selain di Muara Taweh, masih ada tiga desa lagi yang kena proyek replanting Sawit, yang antara lain, Desa Bukit Sawit, Desa Pandran Jaya dan Desa Tawan Jaya kesemuanya masih di lingkup Kecamatan Teweh Selatan. “Tiga desa itu juga akan ditelusuri oleh tim kejaksaan,” katanya.

Sejatinya proyek replanting sawit ini berada di bawah Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara. Dugaan penyelewengan uang negara diperkirakan bakal mencapai puluhan miliar rupiah.

“Kita sedang melakukan penyelidikan pidsus proyek replanting tahap I 2019-2021. Sebanyak 40 orang dari koperasi di SP (Satuan Permukiman) III sudah diperiksa kemarin (Kamis),” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara, Iwan Catur Karyawan, seperti ditulis Kalamanthana.id, Jumat (19/11/2021) siang.

 “Saya turun memimpin untuk memberikan araha secara langsung kepada tim, sehingga tim bisa fokus. Nanti selanjutnya tanpa saya, tim sudah tahu apa yang harus dikerjakan,” tandas Iwan. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit