infosawit

FITCH: Harga CPO Rata-Rata 2021 Kuat, Tahun 2022 Bakal Melemah



FITCH: Harga CPO Rata-Rata 2021 Kuat, Tahun 2022 Bakal Melemah

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR - Fitch Solutions Country Risk and Industry Research memperkirakan harga minyak sawit mentah rata-rata RM 4.200 per ton pada 2021, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya RM 3.800 per ton.

Dalam sebuah laporan pada akhir Oktober 2021 lalu, Fitch mencatat pihaknya juga telah merevisi perkiraan harga CPO di 2022, terdapat koreksi yang cukup siginifiakn untuk harga rata-rata CPO di tahun depan dengan rata-rata RM 3,400 per ton, dari perkiraan sebelumnya RM 3,200 per ton.

Fitch mengatakan pasar akan tetap sangat ketat sampai kuartal IV 2021 hingga memasuki kuartal I 2022, kondisi ini akibat masih belum adanya bantuan segera untuk kekurangan tenaga kerja yang parah di perkebunan kelapa sawit di Malaysia. Catat Fitch, permintaan impor tetap kuat karena harga minyak nabati lainnya juga melonjak,

Dalam laporannya, Fitch mencatat, untuk tahun 2022, diperkirakan produksi minyak sawit akan membaik karena Malaysia kemungkinan akan melonggarkan beberapa pembatasan perjalanan tenaga kerja migran seiring dengan kemajuan tingkat vaksinasi di negara tersebut. “Tetapi kami mencatat ini akan membutuhkan waktu untuk meningkatkan produksi,” catat Fitch dalam laporannya.

Sementara, harga minyak sawit yang tinggi akan mulai mempengaruhi permintaan dan diyakini prospek konsumsi pada tahun 2022 memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Fitch juga mencatat pertumbuhan konsumsi global melambat pada tahun 2022 menjadi 2,7% dibandingkan tahun lalu. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit