infosawit

Akhir 2021, Serapan Biodiesel Sawit Indonesia Diperkirakan Capai 8,3 Juta ton



Dok. InfoSAWIT
Akhir 2021, Serapan Biodiesel Sawit Indonesia Diperkirakan Capai 8,3 Juta ton

InfoSAWIT, TANGERANG - Merujuk data dari Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI) mencatat di bulan Juli 2021, produksi biodiesel mencapai 4.5 Juta Metric Ton per tahun dengan kebutuhan domestik 4 Juta Metric Ton dan diperkirakan penyerapan Biodiesel hingga akhir tahun 2021 sekitar 8.3 juta metric ton. Sedangkan di tahun 2022, diperkirakan kapasitas biodiesel mencapai kurang lebih 15 Juta Metric ton per tahun.

Kepala Bidang Riset dan Teknologi Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI), Jummy Bismar Martua Sinaga mengungkapkan, negara ini sangat kaya akan minyak nabati, terutama minyak kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit Indonesia yang seluas 14,8 juta hektar masih dapat ditingkatkan produktivitasnya sehingga produksi minyak sawit tahun 2020 melebihi 50 juta ton.

“Artinya sangat memungkinkan ditingkatkan dengan luasan lahan yang sama, sehingga program biodiesel baik B30, B40, ataupun B50 sekalipun dapat didukung oleh perkebunan kelapa sawit nasional,” kata Jummy dalam “Daily Seminar: Multiple Pathway to Reduce CO2 Emission in Transportation Sector” di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Tangerang, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Rabu, (17/11/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Jummy yang juga menjabat Biofuel Commercial Senior Manager di Apical Group menyebut, bahwa peran biodiesel sangat besar dalam pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) dan keamanan energi. Di tahun 2020, biodiesel berkontribusi mengurangi emisi 22.48 juta ton CO2 ekuivalen dan diperkirakan akhir 2021 berkontirbusi mengurangi emisi 25.4 Juta ton CO2 ekuivalen.

“Di tahun yang sama, biodiesel juga berkontribusi sekitar 7,8% terhadap target energi penurunan emisi GRK sebagai Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia di tahun 2030,” tandas dia. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit