infosawit

Sambut Hari Sawit, 110 Tokoh Sawit Indonesia Peroleh Penghargaan



Sambut Hari Sawit, 110 Tokoh Sawit Indonesia Peroleh Penghargaan

InfoSAWIT, JAKARTA – Belum lama ini sebanyak  110 Tokoh Sawit Indonesia yang berdedikasi dan berperan bagi kemajuan industri sawit memperoleh penghargaan atas rekam jejak ide, gagasan, peranan, dan kontribusinya terhadap sektor perkelapasawitan sesuai bidangnya. Lantas, aktif dalam menyampaikan ide, inovasi, serta peranan melalui media massa, sosial media, dan forum diskusi.

Dalam sambutannya pada acara penganugerahan kepada 110 Tokoh Sawit Indonesia, Deputi II (Pangan dan Agribisnis), Kemenko, Musdhalifah Machmud mengungkapkan, keberhasilan sawit seperti sekarang ini tidak terlepas dari dukungan pemangku kepentingan di dalamnya. Apalagi, kelapa sawit merupakan berkah bagi bangsa Indonesia karena tanaman ini dapat tumbuh di sepanjang garis khatulistiwa dengan dukungan curah hujan melimpah.

“Indonesia menguasai pangsa pasar 58 persen minyak sawit dunia. Selain itu, kelapa sawit telah berkontribusi 3,5 persen terhadap produk domestik bruto. Hal ini menjadikan kelapa sawit tulang punggung perekonomian nasional saat ini,” jelas Musdhalifah dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT.

Sementara Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian RI, Kasdi Subagyono menuturkan, perjalanan kelapa sawit selama 110 tahun lamanya sangat luar biasa. Perjalanan kelapa sawit ini dimulai dari kegiatan budidaya komersial sejak 1910 dan meluas di Sumatera. Hingga tahun 1980-an, luas pertanaman kelapa sawit Indonesia baru sekitar 200 ribuan hektare dan sebagian besar peninggalan kolonial Belanda.

Berkat program kredit (PBSN 1 & 2) dan pola PIR-Trans pengembangan sawit sangat pesat, hingga tahun 2009 mencapai luasan 7,2 juta hektare dan terus bertambah menjadi 16,38 juta hektare pada 2020.

Salah satu peraih penghargaan 110 Tokoh Sawit Indonesia adalah Abdul Ghani, Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Namun demikian, perkembangan kelapa sawit ini tidak terlepas dari peranan besar para perintis.

“Kami harapkan industri perkebunan kelapa sawit dapat meningkat produktivitasnya. Tantangan inilah (produktivitas) yang perlu diperkuat lagi,” ujarnya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit