infosawit

Total ekspor Minyak Sawit Indonesia Tahun 2021 Diprediksi Menurun



Dok. InfoSAWIT
Total ekspor Minyak Sawit Indonesia Tahun 2021 Diprediksi Menurun

InfoSAWIT, JAKARTA - Ekspor dan produksi minyak sawit Indonesia pada tahun 2021 diperkirakan akan turun untuk tahun kedua berturut-turut. Penurunan produksi ini disebabkan masalah produksi, yang berasal dari penggunaan pupuk lebih sedikit dan pemeliharaan perkebunan yang kurang maksimal.

Kata Wakil Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Togar Sitanggang, total ekspor minyak sawit diperkirakan turun untuk kedua kalinya selama dua tahun berturut-turut sebesar 0,34% selama tahun 2021 dari tahun sebelumnya, dalam webinar “Opportunities and Challenges for Palm Oil Producer Countries (OCOPOP)” yang diselenggarakan  Council of Palm Oil Producer Countries (CPOPC), yang diikuti InfoSAWIT, Selasa (23/11/2021).

Sementara itu, ekspor minyak sawit mentah (CPO) Indonesia diperkirakan turun 60,5% tahun ini dibandingkan tahun 2020, ini terjadi lantaran pembeli utama India lebih memilih produk olahan sebagai gantinya.

Togar mengatakan, penurunan ekspor secara keseluruhan terutama disebabkan oleh penurunan pengiriman CPO. "India entah bagaimana lebih memilih minyak sawit olahan, dan ekspor produk minyak sawit olahan terlihat naik 22,2% untuk tahun ini,” katanya.

Tercatat Ini adalah kedua kalinya GAPKI merevisi prospek ekspornya untuk tahun 2021.

GAPKI memperkirakan total ekspor minyak sawit bulan Oktober 2021 akan naik 1,2%, kendati terdapat perkiraan penurunan pada ekspor CPO bulan itu sebesar 54,4%.

Lantas, penurunan ekspor CPO sejalan dengan tujuan negara untuk menghentikan ekspor CPO sama sekali, sambil meningkatkan pengiriman minyak sawit bernilai tambah tinggi. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit