infosawit

MPOB Tawarkan Jasa Pengembangan Produk Berbasis Sawit



Dok. InfoSAWIT
MPOB Tawarkan Jasa Pengembangan Produk Berbasis Sawit

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR - Malaysian Palm Oil Board (MPOB) menawarkan keahlian dalam penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mengembangkan produk makanan berbasis minyak sawit, memanfaatkan pabrik percontohan terbaru dan fasilitas laboratorium di Bangi.

Pihak MPOB mengatakan pengembangan/pembuatan produk minyak dan lemak terdiri dari aspek formulasi, pengolahan dan pengawetan selama penyimpanan dan transportasi. Keahlian peneliti MPOB termasuk meningkatkan produk berbasis minyak sawit yang ada dari produsen.

Direktur Jenderal Dr Ahmad Parveez Ghulam Kadir mengatakan, pendirian pabrik percontohan dan fasilitas laboratorium akan membantu mengintensifkan upaya komersialisasi MPOB dan meningkatkan mekanisme dan infrastruktur yang ada dalam membentu mengembangkan industri minyak sawit.

Lebih lanjut kata dia, langkah ini akan meningkatkan konektivitas dengan industri minyak sawit, alasan lantaran MPOB banyak berinvestasi di pabrik percontohan, terutama yang berlokasi di kantor pusatnya di Bangi.

“Pabrik percontohan dan fasilitas laboratorium kami juga disewakan kepada produsen untuk persiapan sampel produk makanan berbasis minyak sawit untuk pengembangan pasar atau uji coba formulasi baru atau yang lebih baik,” katanya dilansir StraitsTimes.

Tutur Ahmad Parveez, fasilitas ini juga berguna bagi produsen minyak dan lemak untuk formulasi dan optimalisasi proses, terlebih pabrik percontohan Perfector MPOB dapat memproduksi margarin cair dan padat berbasis minyak kelapa sawit, margarin lunak, batu bata, kue dan kue kering, mentega cair dan padat, dan ghee nabati.

“Produsen makanan dari Suriah, Pakistan, India, Turki, dan Swedia telah mengadopsi formulasi makanan berbasis minyak sawit yang dikembangkan oleh para peneliti kami, terutama produk seperti margarin berbasis minyak sawit, shortening, ghee nabati (Vanaspati), pengganti lemak hewani dan lemak confectionary," katanya.

MPOB juga menyelenggarakan kursus praktis pembuatan margarin bagi peserta lokal dan asing, yang memberikan mereka pengalaman langsung dalam menggunakan formulasi minyak sawit untuk berbagai produk lemak.

Dia juga mengatakan bahwa MPOB sedang mengembangkan fasilitas dan layanan R&D untuk industri kecil dan menengah (SMI) dan start-up teknologi di Malaysia, yang dapat menjadi agen untuk menjelajah ke pasar minyak sawit yang lebih signifikan.

Dr Ahmad Parveez, pabrik percontohan ini merupakan strategi dalam mewujudkan potensi penuh MPOB sebagai lembaga R&D, perintis dalam beberapa inovasi dan memiliki rekam jejak yang terbukti luar biasa di industri minyak sawit. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit