infosawit

Izin Pabrik Kelapa Sawit PT MASG Bakal Di Evaluasi, Lantaran Tak Memiliki Kebun



Dok. InfoSAWIT/ilustrasi pabrik kelapa swit
Izin Pabrik Kelapa Sawit PT MASG Bakal Di Evaluasi, Lantaran Tak Memiliki Kebun

InfoSAWIT, INHU – Lantaran diduga tidak memenuhi regulasi Permentan No. 98 Tahun 2013 tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan, pabrik kelapa sawit PT Mustika Agung Sawit Gemilang (MASG) berkapasitas 60 ton TBS/jam di Desa Gumanti, Kecamatan Peranap Inhu, akan di evaluasi.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkab Inhu, Paino, pihaknya akan melakukan panggilan ke yang bersangkutan untuk dilakukan klarifikasi. Pemanggilan ini menyusul adanya kabar bahwa pabrik kelapa sawit tersebut tidak memiliki kebun kelap sawit (pabrik tanpa kebun).

"Jika tidak punya kebun kelapa sawit sendiri dan tidak punya kemitraan yang berkelanjutan, maka perizinannya layak di evaluasi," tegas Paino diruang kerja seperti dilansir Kabar Riau.

Sebelumnya Sekretaris komisi II DPRD Inhu, Alex, baru tahu kalau pabrik kelapa sawit PT MASG yang sudah operasional sejak dua tahun terakhir tidak memiliki perkebunan kelapa sawit sebagai penyokong produksi pabrik.

Sebab itu guna memastikan tentang perizinan operasional sesuai amanat Permentan Nomor 98 tahun 2013, Komisi II akan mengagendakan Rapat Dengar Pendapat kepada Manajemen dan stakeholder pabrik kelapa sawit terkait. "Mudahan dalam waktu singkat Perusahaan akan kita panggil untuk rapat dengar pendapat bersama stakeholder terkait," tegas Politisi partai Golkar itu.

Sementara dikatakan salah satu manager PT MASG, samsul, rata-rata semua pabrik kelapa sawit didaerah tersebut tidak ada yang memiliki perkebunan kelapa sawit.

Lebih lanjut kata dia, untuk menyuplai TBS ke pabrik kelapa sawit, pemegang delivery order (DO) harus memihara pengumpul buah sawit dengan sebutan pengelola RAM atau Peron dan selanjutnya memberi pinjaman kepada Petani sebagai 'pengikat' jual beli tandan buah sawit (TBS). 

Celakanya, setiap Peron atau RAM milik perusahaan tidak pernah melakukan penelusuran asal-usul TBS sehingga kuat dugaan sumber TBS yang dipasok ke pabrik kelapa sawit PT MASG bisa berasal dari TBS yang dipanen dari kebun sawit yang ada di dalam kawasan hutan. (T2)

 


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit