infosawit

BGA Group Ajak Masyarakat Tanam Pohon, Peringati HMPI



Dok. InfoSAWIT
BGA Group Ajak Masyarakat Tanam Pohon, Peringati HMPI

InfoSAWIT, KETAPANG – salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit Indonesia, Bumitama Gunajaya Agro (BGA) group, pada saat memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), mengajak masyarakat dan anak sekolah dari SMP dan SMK di Kecamatan Sungai Melayu Rayak untuk menanam pohon di Hutan Desa Belaban Rayak, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada akhri November 2021 lalu.

Harapannya, dengan kegiatan tersebut akan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pohon bagi kehidupan. Kegiatan ini juga sebagai bentuk dari penerapan seruan Presiden RI Joko Widodo guna melakukan penanaman pohon tiga jenis yang diprioritaskan yakni, tanaman produktif yang dapat melestarikan alam, tanaman khas lokal, dan tanaman buah unggul yang mempunyai nilai ekonomi.

Kegiatan ini berpusat dilakukan di area hutan desa Belaban Rayak seluas 47 hektare yang ditanami 9.917 pohon yang terdiri dari buah unggul seperti Jambu kristal, kelengkeng, alpukat, durian musangking, kopi robusta, dan kakao, tanaman lokal seperti jengkol, durian, dan tanaman hutan. Selain itu, PT BGA juga memberikan bantuan sarana dan prasarana ekonomi produktif, seperti peralatan, pemasangan pompa hidram untuk pengairan, dan renovasi sekretariat LPHD.

Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Belaban Rayak Nikolaus Sukur mengatakan, kolaborasi ini sudah dilakukan LPHD dan BGA sejak tahun 2020, dan tahun lalu penanaman dilakukan lokasi Bukit Maloi.

“Tahun 2021-2025, kami akan menanam pohon dibeberapa lokasi yang areanya memang bekas terbakar dan hanya ditumbuhi alang-alang yang luasnya lebih dari 1.000 hektare," kata Sukur seperti dilansir Tribun Pontianak.

Sementara, Kepala Desa Sungai Melayu Y.R. Swandi menyampaikan, bahwa hutan desa Belaban Rayak tidak bisa dikelola sendiri oleh LPHD maupun Desa, semua pihak harus bersama-sama melakukannya. Dukungan dan bantuan dari pihak perusahaan maupun dinas terkait dan NGO pendamping sangat diperlukan.

Regional Head BGA Sungai Melayu Rudi Ismanto mengatakan, pohon yang ditanam dan hasil buahnya nanti adalah milik masyarakat dan bukan untuk perusahaan.

“Kami berharap melalui semangat gotong royong semua pihak dapat terlibat dan berperan aktif. Berhasil tidaknya program kita di hutan desa ini, tergantung kepada kemauan kita bersama, sehingga kita bisa berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Sungai Melayu," tandas Rudi.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan serentak di wilayah kerja BGA, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah dan Riau dengan penanaman sebanyak 100.000 pohon di 300 hektar lahan terdegradasi. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit