infosawit

Alliance Luncurkan Platform Hubungkan Inovasi Dengan Pendanaan Berkelanjutan



Dok. InfoSAWIT
Alliance Luncurkan Platform Hubungkan Inovasi Dengan Pendanaan Berkelanjutan

InfoSAWIT, JAKARTA Alliance to End Plastic Waste (Alliance) sukses menyelenggarakan rangkaian acara ALL_SUMMIT Investor Day. Acara ini bertujuan untuk mendorong hadirnya  berbagai  terobosan teknologi  dalam  pengelolaan sampah  plastik yang menghubungkan solusi terukur dengan pendanaan berkelanjutan. Hal ini merupakan upaya berkelanjutan Alliance dalam membangun dan mengembangkan berbagai  inovasi siap investasi untuk membantu mengakhiri sampah plastik.

Konferensi investasi ini terselenggara berlandaskan Alliance's End Plastic Waste Innovation Platform, yang merupakan sebuah kolaborasi dengan akselerator teknologi yang berbasis di California, Plug and Play. Sekitar 100 perusahaan start-up telah memperoleh dukungan melalui program  ini, dan program  ini telah mengumpulkan investasi modal lebih dari US$ 50 juta. Pendanaan tersebut Sebagian besar berasal   dari private equity dan hibah dari pemerintah.

Sembilan  alumni  program  dari  wilayah  Asia Pasifik telah  mengajukan solusi  mereka sepanjang  acara   ALL_SUMMIT   dengan   tujuan   mendapatkan  modal   baru.   Mereka melakukan  presentasi di hadapan sekitar 120 tamu  yang hadir, baik secara  langsung  di Suntec  Singapore  Convention  & Exhibition Centre  maupun  secara  daring.  Para  hadirin terdiri dari berbagai sektor seperti sektor swasta, institusi keuangan, venture capitalist, dan family office, yang mewakili portofolio investasi bernilai miliaran dolar. Adapun program- program  yang dipresentasikan antara  lain operator kemasan  makanan/minuman  yang dapat  digunakan  kembali,  Muuse yang berbasis  di Singapura,  pendaur ulang  sampah plastik Rebricks dari Jakarta, Indonesia, dan penyedia solusi kemasan  yang dapat dikembalikan, Ecovia dari Gujarat, India.

Perusahaan-perusahaan start-up tersebut memulai  perjalanan mereka  tahun  lalu ketika lebih dari 3.000 perusahaan dari lebih dari 80 negara disaring dan dianalisis di pusat inovasi di  Silicon Valley, Paris,  Shanghai,  Sao  Paulo,  Johannesburg, dan  Singapura.  Setelah mengikuti proses seleksi yang ketat, lebih dari 100 bisnis terpilih untuk menjalani program akselerator selama  90 hari. Program  ini menghasilkan sekitar  100 proyek percontohan komersial, menguji solusi mulai dari data analytics hingga teknologi yang meningkatkan pengumpulan dan pengolahan sampah.

“Kita belum menemukan solusi yang sempurna untuk mengolah  sampah  yang dihasilkan setiap  harinya  oleh  masyarakat luas.  Namun  bukan  berarti  kita  diam  saja.  Rebricks berharap dapat  menawarkan solusi yang bertanggung jawab untuk menjawab  tantangan pengelolaan sampah  plastik  ini,” kata  Ovy Sabrina,  salah  satu  pendiri  Rebricks, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Selasa (7/12/2021).

Presiden dan CEO Alliance to End Plastic Waste, mengatakan, sampah plastik adalah isu yang semakin penting dalam agenda keberlanjutan global—yang berarti negara,  perusahaan, dan  masyarakat akan  membutuhkan lebih  banyak  inovasi untuk membantu mengatasi sampah plastik.

“Pendanaan modal yang telah mulai kami jembatani melalui End Plastic Waste Innovation Platform adalah  indikasi kuat tersedianya sumbar  daya investasi pada  sektor ini, namun masih  banyak  yang  harus  dilakukan  untuk  mengatasi tantangan  yang  kompleks  ini. Alliance berperan penting dalam melibatkan komunitas  investor melalui acara ALL_SUMMIT,  serta  membantu menempatkan agenda   sampah   plastik  diantara  para investor sebagai bagian dari pendekatan holistik terhadap green financing,” tandas Jacob. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit