infosawit

Perusahaan Sawit KAL Serahkan Bantuan Rp 580 Juta Untuk Cegah Karhutlabun di Kalbar



Perusahaan Sawit KAL Serahkan Bantuan Rp 580 Juta Untuk Cegah Karhutlabun di Kalbar

InfoSAWIT, KETAPANG– PT Kayung Agro Lestari (KAL) salah satu anak perusahaan dari produsen kelapa sawit grup PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang berlokasi di Ketapang, Kalimantan Barat pada bulan November lalu menyerahkan insentif atau bantuan sebesar Rp 580 juta secara simbolis untuk pencegahan, pemadaman dan penghargaan kebakaran hutan, lahan dan perkebunan (karhutlabun) kepada Koperasi Bina Satong Lestari (BSL) yang berlokasi di desa Kuala Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kamis (18/11/2021).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kuala Satong, Abdur Rahman, menyampaikan, warga Desa Kuala Satong mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh KAL dan berharap insentif yang diberikan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para warga.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Koperasi BSL, Anton, yang juga merupakan koordinator KTPA (Kelompok Tani Peduli Api), mengatakan bahwa pencegahan karhutlabun tidak dapat berjalan apabila tidak ada sinergi dari berbagai pihak yang terlibat. Oleh karena itu, dalam penanggulangan atau pencegahan karhutlabun membutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dan juga perusahaan swasta, serta masyarakat sekitar. Peran aktif perusahaan swasta khususnya dalam sektor perkebunan dalam membuat program penanggulangan kebakaran.

Sementara Resident Direktur KAL, Jerileva Purba menuturkan, Kebakaran merupakan risiko konstan bagi operasi perkebunan. Hal ini menjadi ancaman serius tidak hanya bagi tanaman pangan dan lingkungan, tetapi kebakaran juga berpotensi merusak tumbuh-tumbuhan dan satwa liar, menyebabkan pencemaran udara, dan meningkatkan emisi gas rumah kaca.

“Kami bersama koperasi terus mengembangkan program kerja dalam pencegahan karhutla, salah satunya adalah dengan memberikan insentif dengan total 580 juta kepada Koperasi Bina Satong Lestari yang dibagi dalam tiga katagori yaitu pencegahan, penanggulangan dan penghargaan. Kami berharap insentif ini dapat digunakan dengan baik dan tepat sesuai untuk meningkatkan kesiapan dalam menghadapi karhutla tahun tahun berikutnya,” tandas Jerileva dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Selasa (7/12/2021). (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit