infosawit

Verifikasi Peremajaan Sawit Rakyat Diusulkan Libatkan Asosiasi Petani



Foto by Apriliagoverty/Sawitfest 2021
Verifikasi Peremajaan Sawit Rakyat Diusulkan Libatkan Asosiasi Petani

InfoSAWIT, JAKARTA – Dikatakan Ketua Umum Forum Perkumpulan Organisasi Petani Kelapa Sawit Jaya Indonesia (POSPI), Pahala Sibuea, dalam regulasi Peremajaan Sawit Rakyat yang direvisi mencatat verifikasi pada jalur kemintraaan dilakukan oleh BPDPKS, dimana BPDPKS bisa menunjuk surveyor atau lembaga lain.

Terkait hal tersebut, pihak petani mengusulkan supaya dalam proses verifikasi tersebut BPDPKS bisa melibatkan peran Asosiasi, supaya percepatan Program peremajaan Sawit Rakyat bisa mencapai target. “Lantaran selama ini BPDPKS menggunakan Surveyor yang pencapaian kinerjannya hanya kurang dari 30% dari target,” kata Pahala kepada InfoSAWIT, Selasa (7/11/2021).

Selain itu, perubahan payung hukum Peremajaan Sawit Rakyat ini belum menyentuh permasalahan besar yang dihadapi petani sawit swadaya, yanga mana sekitar 70% kebun sawit yang dikelola petani sawit swaya masih berada dikawasan hutan.

Sejatinya, permasalahan ini juga menjadi catatan penting terhadap pencapaian target Peremajaan Sawit Rakyat. “Hendaknya pemerintah bisa memberikan jalan keluar bagi petani sawit swadaya untuk dapat melakukan Peremajaan Sawit Rakyat, dimana dalam perubahan payung hukum tersebut ada  nomenklatur yang diusulkan  ke KLHK dengan prinsip pelaksanaan UU CK, PP 23, dan PP 24,” Pahala.

Namun demikian petani menyambut baik usulan revisi regulasi Permentan No. 7 tahun 2019 dan No.15 Tahun 2020, guna menggenjot Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang digagas pemerintah dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).  (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit