infosawit

Bagaimana Dunia Bila Tak Ada Sawit



Foto: Febyola Indah/SawitFest 2021
Bagaimana Dunia Bila Tak Ada Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Dimalam yang gelap dan dingin terdapat sebuah pos penjagaan di area perkebunan kelapa sawit, didalamnya terlihat seorang penjaga sedang membaca sebuah buku dengan lampu redup, sembari meminum kopinya sedikit demi sedikit, jam pun telah menunjukkan angka 12.

Tak berapa lama Si Penjaga keluar namun tidak percaya dengan apa yang dilihat, kaget dan berteriak, lantaran hanya melihat sebuah hamparan kekosongan di dalam kebun, tidak ada lagi ratusan pohon sawit yang biasa tegak berjejer dengan rapi. Dia pikir ini hanyalah mimpi, dia mulai menampar dirinya namun itu terasa sakit, matanya terbuka lebar sembari terkejut. Besok pagi sebuah berita besar telah beredar, berita yang menggegerkan dunia bahwa Pohon Kelapa Sawit sudah tidak ada.

Bagaimana bila hal tersebut terjadi ?, tidak ada lagi Kelapa Sawit, mungkin tidak membuat kiamat yang menghancurkan isi Bumi, tetapi dampaknya sangatlah fatal bagi sisi ekonomi sampai sisi kehidupan. Orang-orang diluar sana masih banyak yang menganggap remeh terhadap tumbuhan kelapa sawit, mereka melihat kelapa sawit hanya sebagai tumbuhan biasa yang tidak menarik, tetapi mereka tidak menyadari apa yang telah diberikan kelapa sawit kepada manusia.

Kelapa sawit termasuk kedalam tumbuhan jenis genus Elaeis dan ordo Arecaceae. Tumbuhan multifungsi ini bisa menjadi sumber ketersediaan lapangan kerja, dan menjadi sandaran kehidupan bagi jutaan petani sawit. Bila tumbuhan ini tidak ada, ekonomi Indonesia akan sangat dirugikan, buruh-buruh banyak kehilangan pekerjaan dan ekonomi petani bisa saja terpuruk.

Kelapa sawit sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu Kelapa Sawit Afrika (Elaeis guineensis)  yang menjadi sumber utama minyak kelapa sawit dan yang kedua adalah Kelapa Sawit Amerika (Elaeis oleifera) yang digunakan untuk produksi minyak, tumbuhan ini berasal dari Amerika selatan dan Tengah.

Tumbuhan Kelapa sawit tanpa orang sadari menjadi tumbuhan yang membuat kehidupan berjalan mulus. Akan menjadi mimpi buruk bila tumbuhan kelapa sawit menghilang dari muka bumi ini, sebab tidak akan ada tumbuhan yang bisa mengganti kehebatan dari kelapa sawit.

Menjaga kelapa sawit adalah sebuah kewajiban, tumbuhan kelapa sawit membuka gerbang bagi orang-orang untuk bisa memperoleh pekerjaan sampai menjadi lapak hidup sehari-hari, ibarat surga bagi mereka yang bergantung dari kelapa sawit.

Jadi, apakah dunia akan sehat bila tidak kelapa sawit?, jawabannya tentu saja tidak, ekonomi yang runtuh adalah salah satu akibat paling besar, minyak yang sehat akan sulit untuk dicari, kehidupan manusia sepenuhnya akan berubah drastis, tentu manusia tidak bisa menerima hal tersebut.

Oleh karena itu menjaga dan melestarikan kelapa sawit adalah hal yang wajib kita lakukan, seluruh warga Indonesia, seluruh manusia di Bumi ini, seluruh Makhluk Hidup wajib untuk menjaga tumbuhan kelapa sawit, kehilangan kelapa sawit akan menjadi sebuah mimpi buruk untuk umat manusia, mari kita jaga dan rawat kelapa sawit, terima kasih kelapa sawit.

Ditulis oleh: Hengky Fauzan

Nominator Sawit Fest 2021 Kategori Lomba Esai / tulisan esai ini telah melalui proses editing, lebih lengkap di SAWIT FEST 2021  

 

Tentang Sawit Fest :

Sawit Fest 2021 mendukung peningkatan literasi sawit bagi masyarakat pada umumnya dan generasi muda pada khususnya guna memberikan gambaran utuh mengenai keberadaan industri minyak sawit. Sekaligus, bertujuan memberikan pemahaman yang benar mengenai keberadaan dan kontribusi minyak sawit, bagi negara, sosial dan lingkungannya.

Sawit Fest 2021 mendapatkan dukungan pendanaan Badan Pengelola DanaPerkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Bumitama Gunajaya Agro Group, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Asian Agri Group, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, dan PT Cisadane Sawit Raya Tbk., dengan mitra strategis Media InfoSAWIT dan Palm Oil Magazine.

Sawit Fest pula merangkul para seluruh pemangku kepentingan minyak sawit seperti pemerintah, pelaku usaha, periset, organisasi, aktivis sosial dan lingkungan serta pihak lainnya, untuk berdiskusi membangun minyak sawit Indonesia berkelanjutan.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami, Ignatius Ery Kurniawan, melalui Handpone WA : 081284832789, email : sawit.magazine@gmail.com


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit