infosawit

8 Keuntungan Integrasi Sawit - Sapi



Foto: Mohammad Reza Gemi Omandi/SawitFest 2021
8 Keuntungan Integrasi Sawit - Sapi

InfoSAWIT, JAKARTA - Sebagian petani sawit yang mempunyai kemampuan lebih akan melakukan intergrasi sawit sapi ini secara mandiri, dimana pengadaan sapi unggul dilakukan secara pribadi dan sapi tersebut dipelihara di kebun plasma milik mereka.

Hal ini telah berhasil dilakukan oleh petani plasma di beberapa daerah, dimana sistem pemeliharaannya dilepas di kebun plasma karena bahan makanan berupa rumput sangat cukup tersedia.

Cara integrasi sawit - sapi ini terdapat 8 keuntungan bagi petani sawit yang juga merangkap sebagai peternak yang menerapkan integrasi sapi sawit ini diantaranya pertama, diversifikasi penggunaan sumber daya produksi, kedua, mengurangi resiko usaha karena faktor produksi.

Ketiga, efisiensi penggunaan tenaga kerja, keempat, efisiensi penggunaan input produksi, kelima, mengurangi biaya produksi, keenam, mengurangi ketergantungan kimia dan biologi serta sumber masukan lainnya.

Lantas ketujuh, sistem ekologi lebih lestari, tidak menimbulkan polusi sehingga ramah lingkungan, serta kedelapan, meningkatan pendapatan keluarga.

Dengan adanya sapi diperkebunan kelapa sawit maka biaya perawatan kebun akan bisa diturunkan, karena sapi akan memakan rumput-rumput yang ada dikebun sehingga pertumbuhan gulma bisa dikendalikan secara alami.

Kotoran sapi juga bisa bermanfaat sebagai pupuk kandang sehingga bisa menambah produksi kelapa sawit menjadi meningkat.

Sapi yang diternakan ini akan meningkatkan penghasilan yang cukup besar bagi petani setaelah 1-2 tahun mendatang, dimana penghasilan petani akan meningkat dengan perhitungan sebagai berikut:

Dengan asumsi hasil kebun kelapa sawit (20 ton/ha/tahun), maka produksi per bulan 1,7 ton/Ha = Rp. 2,55 juta/ha/bulan. Pendapatan bruto setelah dikurangi cicilan bank = Rp. 1,785 juta/ha/bulan Pengeluaran untuk kebun sawit = Rp. 0,73 juta/bulan, pendapatan petani plasma kelapa sawit = Rp. 1,055 juta/ha/bulan

Hasil pemeliharaan sapi/ekor/tahun = Rp. 15 juta/ekor/tahun, biaya pemeliharan sapi =Rp. 0,- karena sistem lepas di kebun, pendapatan petani = Rp. 1,2 juta/ekor/bulan

Maka jika petani plasma memiliki kebun kelapa sawit plasma 2 ha yang masih membayar kredit Bank dan 2 ekor sapi akan mendapatkan hasil rata-rata per bulan = Rp. 4,5 juta/bulan.

Sedangkan bagi petani plasma yang telah lunas kredit Bank-nya akan mendapatkan hasil rata-rata perbulan = Rp. 7,05,-/bulan

Berdasarkan hal tersebut maka integrasi sawit sapi sangat baik diterapkan karena tidak memerlukan pengelolaan yang sulit bagi petani plasma, dan akan mensejahterakan petani dengan bisa meningkatkan petani plasma menjadi lebih makmur.

Penulis: Ahmda Hulaimi / Praktisi Perkebunan Kelapa Sawit

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Juni 2020


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit