infosawit

Malaysia Masih Kesulitan Penuhi Pekerja Sawit



Malaysia Masih Kesulitan Penuhi Pekerja Sawit

InfoSAWIT, KUALALUMPUR - Analis Kenanga Research Adrian Kok menunjukkan bahwa situasi di perkebunan telah memburuk hingga kekurangan tenaga kerja sekitar 75.000 pemanen, dari 40.000 sebelumnya, dan mengakibatkan penurunan hasil sebesar 20% sejak diberlakukannya pembekuan penerimaan tenaga kerja asing pada 18 Maret 2020 silam.

Tulis The Edge, Kok mengungkapkan, pihaknya memperkirakan kekurangan pekerja tambahan rata-rata 2.000 setiap bulannya. Upaya untuk merekrut penduduk lokal sedang berlangsung, tetapi tingkat pengurangannya tinggi, dengan sekitar 60% keluar dalam setahun.

Merujuk analis riset UOB Kay Hian Leow,  Huey Chuen dan Jacquelyn Yow menunjukkan bahwa upaya perusahaan untuk mempekerjakan penduduk lokal untuk sektor perkebunan sebagian besar tidak berhasil dalam industri yang difitnah sebagai 4D — kotor, sulit, berbahaya, dan merendahkan.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada lima perusahaan, total 2.433 orang Malaysia direkrut pada tahun 2020, tetapi 58% dari mereka telah mengundurkan diri, kata para analis. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi November 2021 


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit