infosawit

Prospek Perkebunan Kelapa Sawit di Kaltim Capai 1,37 Juta Hektar



Foto: Dea Kinanti/Sawitfest 2021
Prospek Perkebunan Kelapa Sawit di Kaltim Capai 1,37 Juta Hektar

InfoSAWIT, SAMARINDA -  Salah satu sentra perkebunan kelapa sawit ada di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dimana prospek pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kaltim tercatat bisa mencapai 1,3 juta ha.

Diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Prov Kaltim, Ujang Rachmad, provinsi Kaltim telah memiliki Pabrik Kelapa Sawit (PKS) sebanya 95 unit dengan total kapasitas terpasang mencapai 5.000 ton TBS per jam. "Perkebunan kelapa sawit telah memberikan kesempatan pengembangan ekonomi bagi masyarakat yang sangat baik," tuturnya seperti dilansir Dinas Perkebunan Prov Kaltim.

Apa lagi saat ini, lebih lanjut kata Ujang harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit sedang sangat baik di atas Rp 3.000/kg, bahkan di tingkat petani sawit  harganya bisa mencapai Rp 3.300/kg. Di juga menyebutkan penetapan harga TBS sawit berdasarkan variasi umur dari 4 tahun sampai 10 tahun dan sampai saat ini sudah mencapai Rp 3.070 per kilogram.

Kata Uajng, sektor perkebunan saat ini mampu menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 340 ribu tenaga kerja yang bisa diserap melalui sektor perkebunan beragam komunitas. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit