infosawit

Mempersiapkan Strategi Matang Tatkala Harga Minyak Sawit Berfluktuasi



Foto: Hendra/SawitFest 2021
Mempersiapkan Strategi  Matang Tatkala Harga Minyak Sawit Berfluktuasi

InfoSAWIT, JAKARTA - Kedepan produsen minyak sawit harus terus memberikan narasi yang benar sehinga bisa membantu pasar mendapatkan persepsi yang seimbang. Jika ada laporan tentang peningkatan pasokan yang signifikan, harus pula ada permintaan yang efektif untuk diungkapkan agar prospek pasar tidak akan “bearish” (menurun).

Harga minyak sawit yang “bullish” (tinggi) saat ini diprediksi masih berkelanjutan jika mengetahui setiap langkah ancaman dan tantangan, sehingga negara-negara produsen dapat mengembangkan strategi dalam mengurangi kemungkinan kemerosotan. Fokusnya adalah bagaimana industri dapat memformulasikan strategi dan tindakan guna memastikan keberlanjutan harga hingga di tahun 2022.

Karena minyak sawit adalah industri yang digerakkan oleh pasar di banyak negara produsen, Dewan Negara Produsen Minyak Sawit (CPOPC) harus secara konsisten memperbarui informasi kepada para pemangku kepentingannya mengenai pasokan, permintaan, dan harga di pasar global. Ada kebutuhan untuk mengembangkan Strategi Penyeimbangan Penawaran dan Permintaan untuk memastikan bahwa harga pasar tetap menguntungkan bagi industri untuk tetap berkelanjutan.

Lantas, tiga kunci aspek harga yakni pasokan produksi, permintaan pasar, dan prospek harga diantara produsen minyak sawit, perlu terus di amati guna memperoleh perspektif yang baik untuk prediksi dan pandangan terbaru dalam merancang strategi yang tepat dan rencana pasar di tahun mendatang. (*)

YBHG Datuk Ravi Muthayah / Sekretaris Jenderal Kementerian Industri Perkebunan dan Komoditas Malaysia

Sumber: Majalah InfoSAWIT edisi Desember 2021


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Atau IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit