infosawit

Harga Minyak Sawit Naik Lagi, Kebijakan DMO Minyak Sawit Indonesia Masih Jadi Sorotan



Dok. InfoSAWIT
Harga Minyak Sawit Naik Lagi, Kebijakan DMO Minyak Sawit Indonesia Masih Jadi Sorotan

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Harga Minyak sawit di Bursa Berjangka Malaysia naik pada Selasa (24/5/2022) untuk tiga hari berturut-turut, didukung adanya indikasi produksi CPO yang lebih rendah dan tingginya ekspor, termasuk para pedagang saat ini masih memantau perkembangan kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan Domestic Price Obligation (DPO) minyak sawit Indonesia.

Tercatat, kontrak harga minyak sawit acuan FCPOc3 untuk pengiriman Agustus 2022 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 82 per ton atau naik sekitar 1,31%, menjadi RM 6.343 (US$  1.444.22) per ton pada awal perdagangan.

Dikutip InfoSAWIT dari Reuters, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko), berencana mengurangi presentase minyak sawit untuk biodiesel, dibawah mandatori biodiesel saat ini yang mencapai 30%, langkah ini guna memastikan pasokan minyak sawit terjamin.

Para produsen minyak sawit di Indonesia masih menungu kepastian seberapa banyak kebutuhan minyak sawit domestik dalam memenuhi kebijakan DMO, sehingga kegiatan ekspor tidak bisa langsung dilakukan.

Harga Minyak Sawit Naik Tipis di Awal Minggu ini

Sementara di Malaysia, stok minyak sawit di negeri Jiran itu pada Mei 2022 diprediksi akan menurun, menyusul tingginya kegiatan ekspor selama periode 1-20 Mei 2022, yang naik sekitar 32%, sementara produksi minyak sawit diperkirakan melorot 15%, merujuk catatan surveyor kargo dan kelompok industri.

Kontrak kedelai teraktif Dalian, DBYcv1 naik 0,4%, sementara kontrak minyak sawit DCPcv1 naik 1,7%. Harga kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 0,4%.

Analis Teknis Reuters, Wang Tao memperkirakan harga minyak sawit akan tetap stagnan pada kisaran RM 6.099 – RM 6.354 per ton. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit