infosawit

Minyak Goreng Sawit Curah Gunakan Aturan Baru Permendag 33 Tahun 2022.



Minyak Goreng Sawit Curah Gunakan Aturan Baru Permendag 33 Tahun 2022.

InfoSAWIT, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) mewajibkan para eksportir CPO mengikuti program minyak goreng (migor) curah rakyat. Berdasarkan beleid Kemendag terbaru ini (23/5), diatur tata Niaga migor curah yang diperoleh dari hasil Domestic Market Obligation (DMO) minyak sawit mentah (CPO).

Permendag No. 33 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR),  menurut Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi akan mengatur penerapan sistem kontrol siklus tertutup (closed loop Syatem) bagi pelaku usaha jaringan logistik yang mendistribusikan migor curah.  Pemerintah akan memastikan pasokan bahan baku migor ke pabrik, kemudian pabrik ke konsumen dengan harga jual Rp. 14 ribu per liter atau Rp. 15.500 per kg. Sementara ini, penjualannya dilakukan pada 10.000 titik yang ditentukan oleh pemerintah dan kalangan dunia usaha.

"Kita akan menggunakan aplikasi digital untuk memastikan suplai CPO ke produksi kemudian dari produksi migor sampai penyerahan konsumen menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) . Dengan demikian kredibilitas, akuntabilitas dan transparansi akan terjamin, " Kata Lutfi menjelaskan dalam rilis resmi yang diterima InfoSAWIT kemarin (26/5/2022).

Mendag M. Lutfi menegaskan kepada eksportir CPO dan produk turunannya, untuk ikut berpartisipasi aktif dalam program pemerintah ini. Jika tidak berpartisipasi, maka dilarang melakukan eksppr produk-produk tersebut. Pendaftaran dapat dilakukan melalui platform SIMIRAH yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Infustri Nasional (SIINas). (T1)

Untuk lebih jelasnya, silahkan mendownload regulasi kemendag pada link berikut, Permendag No. 33 Tahun 2022

 

 


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit