infosawit

Masih Cuankah Minyak Sawit di 2022



Dok.InfoSAWIT/ Ilustrasi pekerja sawit
Masih Cuankah Minyak Sawit di 2022

InfoSAWIT, JAKARTA - Sawit masih cuan, itu barangkali yang akan dikatakan sebagian besar pelaku sawit di Indonesia termasuk petani, lantaran masih juga diawal tahun harga minyak sawit mentah (CPO) justru mencatatkan rekor tertinggi.

Tentu saja, bagi pelaku sawit ini menjadi keburuntungan yang tak dibayangkan, kendati semenjak tahun 2021 lalu harga minyak sawit menunjukkan keperkasaannya menyusul adanya krisis energi dan kendala pandemi, serta cuaca.

Lantas untuk tahun 2022 ini apakah harga minyak sawit masih akan tetap tinggi? Tentu saja disaat penanganan pandemi covid-19 yang semakin baik di berbagai negara produsen dan konsumen minyak nabati, telah menunjukkan perbaikan pasokan minyak nabati lain, namun serangan varian virus Covid-19 baru Omicron juga tetap menjadi perhatian.

 

Tantangan Produksi di 2022

Dalam laporan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), produksi minyak sawit Indonesia diprediksi bakal kembali pulih setelah sebelumnya sempat menurun 0,9% menjadi sekitar 46,6 juta ton di tahun 2021.

Sementara Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB) memperkirakan produksi minyak sawit Malaysia selama 2021 akan hanya mencapai 18,3 juta ton, lebih rendah 0,9 juta dibandingkan produksi minyak sawit di tahun 2020 yang mencapai 19,2 juta ton.

Memasuki tahun 2022, produksi kelapa sawit Indonesia diperkirakan akan pulih, ini terjadi lantaran pengelolaan perkebunan yang baik dan tidak ada penghentian operasi termasuk tidak adanya dampak dari iklim La Nina (curah hujan tinggi).

Namun merujuk laporan Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit (CPOPC), untuk di Malaysia sejak dimulainya pandemi Covid-19 pada tahun 2020, pekerja asing yang berjumlah sekitar 75% dari sekitar 500.000 pekerja pemanen yang dipekerjakan di perkebunan kelapa sawit Malaysia, tidak dapat kembali karena pembatasan di pintu perbatasan. (T2)

Lebih lengkap Baca InfoSAWIT edisi Februari 2022


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Atau IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit