infosawit

Harga Minyak Sawit Menjulang Tinggi, Akibat Pasokan Sawit Indonesia Belum Stabil



Dok. Istimewa
Harga Minyak Sawit Menjulang Tinggi, Akibat Pasokan Sawit Indonesia Belum Stabil

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR - Harga minyak sawit di Bursa Berjangka Malaysia mencapai level tertinggi dalam tiga minggu terakhir hingga Jumat (27/5/2022), dan diperkirakan harga minyak sawit akan bisa kembali melambung menyusul pasar minyak sawit di Dalian yang terus terdongkrak akibat pasokan yang terbatas, lantara pasokan minyak sawit dari Indonesia belum bisa dilakukan.

Kontrak minyak sawit acuan FCPOc3 untuk pengiriman Agustus 2022 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 124 per ton, atau  naik sekitar 1,90%, menjadi RM 6.657 (US$1.519,52) per ton pada awal perdagangan. Sampai minggu ini, harga minyak sawit telah melonjak 8,9%.

Dikutip InfoSAWIT dari Reuters, ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk periode 1-25 Mei naik 23,9% menjadi 1.112.175 ton dibandingkan pada April lalu yang hanya mencapai 897.683 ton pada periode yang sama, catat surveyor kargo Societe Generale de Surveillance pada Kamis (26/5/2022).

Sebelumnya pengamat minyak nabati Dorab Mistry, mendesak produsen minnyak sawit Indonesia untuk segera melanjutkan ekspornya, lantaran dengan penghentian pengiriman yang diperpanjang akibat menunggu rincian aturan Domestic Market Obligation (DMO) dapat menyebabkan "malapetaka" bagi petani sawit.

Kontrak soyoil paling aktif di Dalian DBYcv1 naik 1,8%, sementara kontrak minyak sawit DCPcv1 melonjak 3,8%. Harga kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 naik 0,05%.

Analis Teknis Reuters, Wang Tao mencatat, harga minyak sawit dimungkinkan akan naik pada kisaran RM 6.713 – RM 6.731 per ton. (T2)

 


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link https://t.me/info_sawit, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di link infosawit store atau berlangganan.

infosawit